sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Sabtu, 06 Feb 2021 09:01 WIB

Xiaomi luncurkan paten smartphone lipat anti kerutan

Smartphone lipat rawan akan kerutan yang membekas di sepanjang lipatan. Paten terbaru Xiaomi punya teknologi sebagai solusi dari masalah ini.

Xiaomi luncurkan paten smartphone lipat anti kerutan

Ponsel lipat dikatakan sebagai masa depan smartphone. Saat ini hanya empat perusahaan, yakni Samsung, Motorola, Huawei, dan Royole yang menjual ponsel jenis ini. Tetapi merek lain juga diharapkan segera merilis perangkat lipat mereka. Xiaomi, walau belum merilis perangkat tersebut, sudah mematenkan teknologi terkait beberapa tahun terakhir. Laporan terbaru menunjukkan kalau perusahaan membuat paten yang merinci pada solusi untuk mengurangi kerutan pada smartphone lipat.

Untuk diketahui, smartphone lipat sekarang memiliki dua model. Yang pertama adalah model clamshell dan yang kedua model tablet. Kedua model ini memiliki satu kesamaan, yaitu kerutan.

Kerutan bisa ditemukan di semua smartphone lipat yang tersedia di pasaran. Meskipun tidak terlalu menggaggu, tetap saja ini merupakan salah satu kekurangan. Banyak paten dari berbagai perusahaan berusaha mengurangi kekurangan ini.

Paten baru Xiaomi yang diajukan ke CNIPA (Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional China) pada Juli 2019 lalu menunjukkan solusi untuk masalah tersebut. Paten ini disetujui dan dipublikasikan pada 2 Februari 2021 dengan judul, “Struktur Dukungan Layar Fleksiber, Struktur Layar Fleksibel, dan Peralatan Terminal.”

Dilansir dari Gizmochina (6/1), paten ini mencakup dua struktr pendukung untuk panel layar fleksibel. Struktur kedua yang berada di dekat layar, dapat diubah bentuknya. Maka dari itu, kemungkinan kecil layar akan terpengaruh oleh lipatan saat perangkat ditutup dalam jangka pangjang. Apakah desain ini akan berhasil? Kita akan tahu setelah Xiaomi mengkomersialkannya.

Sejauh ini hanya diketahui kalau paten smartphone lipat Xiaomi memiliki nama sandi Cetus. Handset ini disebut-sebut akan mengusung chipset Qualcomm Snapdragon, kamera 108MP, dan MIUI 12 berbasis Android 11.

Share
×
tekid
back to top