sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 28 Okt 2023 13:59 WIB

Xiaomi akhiri dukungan software pada ponsel ini

Xiaomi telah mengakhiri dukungan perangkat lunak untuk beberapa ponsel yang diluncurkan pada tahun 2020.

Xiaomi akhiri dukungan software pada ponsel ini

Xiaomi baru saja meluncurkan seri Xiaomi 14 di China. Perangkat ini menghadirkan beberapa peningkatan, salah satunya dukungan software yang lebih lama. Seperti seri Xiaomi 13T, seri ini akan menerima 4 generasi Android dan pembaruan keamanan selama 5 tahun.

Sayangnya, kebijakan perangkat lunak baru ini tidak berlaku untuk ponsel lama. Jajaran ponsel lama, seperti seri Mi 10T dan POCO X3 telah menerima tenggat waktu dukungan perangkat lunaknya baru-baru ini. Dengan kata lain, Xiaomi telah mengakhiri dukungan untuk ponsel tersebut.

Menurut laporan Kacper Skrzypek, yang dilansir dari Gizmochina (28/10), Xiaomi menambahkan beberapa ponsel ke situs web EOL-nya. EOL atau End of Life merupakan halaman khusus milik Xiaomi, berisi daftar ponsel yang tidak lagi menerima dukungan perangkat lunak.

Berikut ini ponsel yang baru saja masuk ke dalam daftar tersebut:

  • Mi 10T
  • Mi 10T Pro
  • POCO X3

Ketiga smartphone di atas diluncurkan pada paruh kedua tahun 2020. Dengan demikian, dukungan perangkat lunaknya berakhir setelah 3 tahun, sesuai dengan kebijakan lama perusahaan.

Mereka dirilis dengan MIUI 12 berbasis Android 10 dan saat ini menjalankan MIUI 14 berbasis Android 12. Dengan kata lain, dalam tiga tahun terakhir, ponsel telah menerima dua pembaruan Android dan MIUI.

Bagaimanapun, perlu dicatat bahwa Xiaomi memperpanjang dukungan perangkat lunaknya hingga 4 tahun untuk perangkat tertentu yang diluncurkan pada tahun 2021 dan seterusnya dan hingga 5 tahun untuk beberapa ponsel mulai tahun 2023. 

Namun kebijakan yang diperbarui sebagian besar hanya mencakup ponsel flagship. Di sisi lain, Samsung memberikan dukungan yang sama untuk ponsel kelas menengah dan terjangkau.

Share
×
tekid
back to top