sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
Jumat, 24 Apr 2020 11:26 WIB

Xiaomi akan pakai sensor kamera 150MP tahun ini

Xiaomi sudah cukup menggebrak dengan kamera 108MP di Mi Note 10 Pro. Perusahaan Tiongkok ini pun berencana untuk menggunakan sensor dengan resolusi yang lebih tinggi, yakni 150MP di tahun ini.

Xiaomi akan pakai sensor kamera 150MP tahun ini
Source: Google

Memiliki smartphone dengan kamera 108MP tampaknya masih belum cukup bagi Xiaomi. Ya, pasalnya perusahaan Tiongkok ini dikabarkan akan menggunakan kamera 150MP untuk smartphone-nya. Kabarnya smartphone ini akan meluncur pada kuartal empat tahun ini. 

Dalam mewujudkan hal tersebut, Xiaomi kembali bekerja sama dengan Samsung. Sebagaimana diketahui, saat ini hanya Samsung saja yang memiliki sensor 108MP. Kerja sama ini akan kembali menghadirkan sensor dengan resolusi yang besar. Bahkan beberapa waktu lalu, Samsung dikabarkan akan mengembangkan sensor kamera 600MP. 

Dilansir dari Gizchina (24/4), pengembangan sensor 150MP itu kabarnya sudah menyelesaikan tahap pertama. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai kabar tersebut. Namun yang pasti, sensor itu akan menggunakan teknologi Nanocell. Dengan teknologi ini, Samsung dapat menggabungkan sembilan piksel menjadi satu. 

Tidak hanya Xiaomi, beberapa vendor lain kabarnya juga akan menggunakan teknologi yang sama. Oppo dan Vivo dilaporkan juga akan mengadopsi teknologi ini. Namun sedikit berbeda dengan Xiaomi yang akan meluncurkannya di kuartal keempat, kedua vendor itu kabarnya akan meluncurkan smartphone dengan sensor kamera 150MP pada kuartal pertama tahun depan. 

Di samping itu semua, Samsung tampaknya cukup getol untuk mengembangkan teknologi sensor kameranya. Kabar terbaru dari IceUniverse juga mengungkapkan kalau perusahaan Korea Selatan itu sedang mengembangkan sensor kamera 250MP. 

Sensor kamera besar nantinya tidak hanya akan digunakan pada smartphone saja. Beberapa teknologi masa depan juga membutuhkannya, seperti mobil otonom, perangkat IoT hingga drone. Samsung sendiri memperkirakan bahwa tren sensor dengan resolusi tinggi akan terus berlanjut sampai setelah tahun ini berakhir. 

Share
×
tekid
back to top