sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
Jumat, 18 Jun 2021 13:39 WIB

Vivo pastikan smartphone mereka lewati pengujian ketat

Vivo di Indonesia sejak 2016, mereka telah menghadirkan banyak produk berkualitas untuk digunakan oleh masyarakat. Mereka pun selalu menjaga kualitas dan melakukan pengecekan secara reguler.

Vivo pastikan smartphone mereka lewati pengujian ketat
Vivo

Perakitan dan pengujian semua smartphone Vivo dilakukan di pabrik mereka yang berlokasi di Cikupa, Tangerang, Banten. Mereka menggunakan peralatan berstandar internasional untuk melakukan perakitan dan pengujian smartphone.

Seperti diketahui, semua smartphone vivo buatan Indonesia telah melalui proses produksi yang diawasi oleh ahli. Fasilitas sentra produksi mandiri mengakomodasi vivo dalam memenuhi persentase Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Ada banyak langkah yang dilakukan oleh Vivo untuk memastikan semua perangkat mereka memiliki kualitas terbaik. Mereka pun membagi dua bagian untuk setiap lini, yaitu perakitan dan pengujian.

Meski Vivo melakukan proses perakitan dengan cepat, mereka juga tetap memeriksa semua komponen dengan pengujian yang kompleks. Pengujian ini pun terintegrasi dengan jaringan intranet untuk melacak hasil secara online. 

Sistem ini juga memastikan bahwa hanya produk yang lolos tahap pertama pos uji yang dapat melanjutkan ke pos uji berikutnya.

Pengecekan yang mereka lakukan termasuk konsumsi arus, audio, MMI (Kartu SIM/inframerah/sensitivitas/tombol/sensor gravitasi/kompas), diikuti dengan pengujian kamera,
komunikasi radio atau pengujian jaringan, pengujian GPS dan Wi-Fi.

Area pengujian lainnya dikhususkan untuk pengujian keandalan/keandalan smartphone (Aging). Ada deretan rak di dalam ruangan dengan ratusan slot yang dilengkapi dengan saluran pengisian untuk menguji masa pakai baterai dari setiap unit smartphone yang dihasilkan dari serangkaian lini produksi. 

Setelah itu, smartphone menjalani uji fitur, antara lain uji kamera depan dan belakang, sensor autentikasi sidik jari, dan fitur lain yang disematkan. Uji fitur ini merupakan tahap akhir dari rangkaian pengujian sebelum smartphone memasuki tahap pengemasan.

Kontrol dan pengujian yang ketat

Secara detail, ada pengujian ketat yang dilakukan oleh Vivo untuk menjaga kualitas semua seri smartphone mereka. Bahkan, struktur perangkat keras dari setiap seri smartphone vivo harus diuji di Lab Kontrol Kualitas (QC Lab) secara intensif sebelum dan di tengah produksi massal. 

Sampel smartphone akan melalui seri pengujian ekstensif, seperti memeriksa daya pada penggunaan tinggi (secara bersamaan menjalankan beberapa aplikasi), ketahanan terhadap suhu panas (50 OC -75OC) dan suhu dingin (hingga -20oC), dan uji paparan air.

Selain itu, mereka juga mensimulasikan kondisi mencolok dan mencabut port pengisian daya secara manual maupun otomatis menggunakan mesin. Selanjutnya di area QC Lab, smartphone vivo juga menjalani drop test dengan menggunakan mesin yang akan memutar unit ratusan kali untuk menguji ketahanan body-nya. Drop test ini juga akan mengatur beberapa kondisi, seperti jatuh bebas atau tanpa mengatur posisi dan letak jatuhnya untuk mendapatkan simulasi yang lebih realistis.

Setiap beberapa puluhan drop test, mereka juga akan melakukan pemeriksaan kondisi unit sebelum pengujian ronde berikutnya. Selain drop test, berbagai jenis situasi seperti menguji daya tahan setiap sisi body smartphone dilakukan untuk pengujian secara menyeluruh.

Tak hanya di bagian smartphone saja, Vivo pun menjaga kualitas produk mereka hingga ke pengemasan. Mereka memastikan pengemasan semua perangkat Vivo menggunakan bahan berkualitas Setiap smartphone vivo akan diperiksa ulang untuk buku manual tambahan, penimbangan unit, dan penyegelan produk akhir untuk pengemasan

“Melalui ekspansi basis produksi serta fasilitas QC Lab independen, kami ingin memenuhi kebutuhan konsumen setia vivo di tanah air dengan rangkaian produk berkualitas yang telah melalui uji dengan standarisasi global. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam memberikan pengalaman produk yang memuaskan bagi konsumen dari tahap produksi hingga purna jual,” kata Senior Brand Director vivo Indonesia Edy Kusuma.

Editor
Share
×
tekid
back to top