sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Jumat, 15 Jan 2021 17:12 WIB

TWS dominasi pasar wearable, kalahkan smartwatch

Counterpoint Research mengungkapkan bahwa TWS telah mendominasi pasar wearable tahun 2020, mengalahkan posisi smartwatch.

TWS dominasi pasar wearable, kalahkan smartwatch
Source: 91Mobiles

Counterpoint Research telah mengumumkan bahwa TWS (True Wireless) telah mendominasi pasar wearable tahun 2020 dan tahun 2021 kemungkinan akan menggantikan posisi jam tangan pintar (smartwatch). Dilansir dari Gizmochina (15/1), diketahui hanya produk Earwear dan Wristwear yang berbagi 93% dari keseluruhan pengiriman pasar Wearable pada Q3 2020. Sedangkan pangsa kecil lain sebanyak 7% ditempati oleh Eyewear dan Bodywear (masing-masing 3%), serta Skinwear (1%). 

Source: Gizmochina

Diperkirakan pengiriman tahunan TWS mencapai 238 juta untuk tahun 2020. Angka ini bisa dikatakan tumbuh sebanyak 83% dari tahun lalu ketika TWS tidak begitu populer. Tentunya perusahaan seperti Samsung dan Apple sebelumnya sudah meluncurkannya tetapi mereka termasuk dalam kategori premium sehingga membuat TWS kurang populer. Namun, mengingat kini realme dan Xiaomi telah meluncurkan earbud TWS dengan harga lebih terjangkau sehingga membuat banyak orang mulai beralih ke TWS. 

Salah satu alasan lain mengapa TWS mengalami peningkatan dalam pengiriman karena tidak adanya jack audio 3.5mm pada beberapa smartphone. Berbicara tentang merek, Apple mendominasi pasar dengan pangsa pengiriman TWS sebanyak 29% (per Q3). Laporan juga menyebutkan bahwa Apple turut mendominasi divisi smartwatch dengan pangsa 28%. Sedangkan Xiaomi berada di urutan kedua untuk TWS dengan pangsa pasar 13%. 

Source: Gizmochina

Meskipun tidak dikategorikan, namun laporan tersebut mengatakan pada puncak tahun 2020, daftar Top-10 memiliki lebih dari 50% yang termasuk dalam kategori anggaran. Ini termasuk yang beranggaran USD20 hingga USD50, termasuk redmi Earbuds S, realme Buds Q, dan lainnya. 

Sementara itu, realme diketahui mencapai pangsa pasar 2% hanya dalam waktu setahun. Diketahui negara-negara seperti India menjadi faktor penentu di masa depan seperti yang mereka lakukan di Q3. Laporan juga menyebutkan bahwa pengiriman smartwatch tahun ini akan mencapai 100 juta unit.

Share
×
tekid
back to top