Tiga iPhone baru bakal jadi smartphone paling canggih saat ini

Alasannya, tiga iPhone baru yang akan dirilis 12 September mendatang akan menggunakan chip A12 dengan pemrosesan 7nm

Tiga iPhone baru bakal jadi smartphone paling canggih saat ini

Apple baru-baru ini diketahui akan menggelar acara pada 12 September mendatang. Meski telah menyebar undangan, namun hingga saat ini belum diketahui apa saja yang akan dipertunjukkan pada acara tersebut.

Jika melihat jadwal tahunan Apple, maka yang paling masuk akal adalah mereka akan meluncurkan ketiga iPhone terbaru mereka. Dan bahkan, dalam sebuah bocoran baru, ketiga ponsel tersebut akan memiliki teknologi lebih canggih jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Phone Arena melaporkan ketiga iPhone ini akan menggunakan chipset A12 terbaru. Dan kabarnya, chipset tersebut sudah akan menggunakan teknologi pemrosesan terbaru, yakni 7nm.

Chipset ini digadang-gadang akan meningkatan generasi dalam teknologi proses dan menghasilkan kinerja yang lebih baik tanpa harus menanggalkan efisiensi daya bagi perangkat mereka.

Dikabarkan, TSMC yang merupakan pabrikan chip Apple yang sudah mampu menyempurnakan metode fabrikasi 7nm untuk chipset A12 yang akan disematkan pada iPhone baru. Mereka sudah menjadi satu-satunya pemasok chip Apple sejak iPhone 7.

Jika ini benar terjadi, maka ketiga ponsel ini akan menjadi smartphone pertama yang memiliki chipset 7nm di dalam perangkat mereka. Meski Huawei terlebih dahulu mengumumkan Kirin 980 dengan teknologi yang sama, tapi mereka belum mempersiapkan ponsel yang akan menggunakan chipset tersebut.

Di sisi lain, Qualcomm dan MediaTek diyakini telah menunda peluncuran chip 7nm mereka ke 2019 meskipun mereka sebelumnya diperkirakan akan melakukannya akhir tahun ini. Sementara itu, Samsung telah mengatakan bahwa akan segera membangun chip ponsel 7nm sehingga untuk melihat chipset ini untuk masuk ke dalam Galaxy S10 yang akan hadir tahun depan, maka Samsung harus berusaha lebih keras.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: