TCL siapkan 5 smartphone dan tablet lipat di 2020

Produsen televisi asal China itu dikenal sebagai perakit smartphone bermerek BlackBerry dan Alcatel.

TCL siapkan 5 smartphone dan tablet lipat di 2020 (Foto: Cnet)

Perangkat yang mampu dilipat akan menjadi tren teknologi selanjutnya. Setelah beberapa vendor smartphone mengakui keikutsertaannya dalam mengembangkan smartphone lipat, kini TCL turut merancang perangkat serupa.

Produsen televisi asal China itu dikenal sebagai perakit smartphone bermerek BlackBerry dan Alcatel. Saat ini TCL mengakui tengah mengerjakan setidaknya lima perangkat yang menggunakan layar fleksibel. Dua diantaranya merupakan tablet, dua lainnya smartphone dan satu ponsel lipat. Konsep ini terlihat dari pengajuan paten yang diperoleh oleh Cnet.


BACA JUGA

Harga Redmi Note 7 di Indonesia lebih murah dari China

Sebaik apa aperture kamera Vivo V15 Pro?

Motorola dikabarkan akan pakai chipset Exynos buatan Samsung


Salah satu tablet memiliki layar lipat ke dalam sebagaimana ponsel clamshell. Sementara tablet lainnya memiliki layar luar seperti Royole Flexpai. Smartphone-nya juga punya dua varian dengan konsep yang serupa tablet itu. Namun untuk smartphone, lipatannya dirancang horizontal sebagaimana ponsel flip. Sementara ponsel lainnya dirancang dengan desain yang tinggi dan ringkas. Ponsel itu bisa melengkung di pergelangan tangan. 

Gambar pada dokumen paten itu menunjukkan bahwa minat industri akan perangkat lipat semakin besar. Mereka seolah menilai bahwa konsep itu menjadi lompatan besar untuk desain ponsel. Harapannya adalah desain lipat mampu mengubah dan memperkenalkan cara baru berinteraksi dengan perangkat elektronik.

Sebagaimana paten lainnya, gambar itu merupakan rancangan awal. Perusahaan bisa saja mengubah atau membatalkan rencananya. Sejauh ini, belum jelas kapan TCL akan meluncurkan perangkat lipatnya.

Dilansir Cnet (18/2), bulan lalu eksekutif TCL mengatakan bahwa perusahaan akan meluncurkan perangkat lipat pertamanya pada 2020. Namun saat itu belum jelas perangkat seperti apa yang dirancang perusahaan.

"Ini bukan hanya smartphone," kata Stefan Streit, manajer umum pemasaran global TCL. Dia menambahkan bahwa produk lainnya seperti perangkat wearable, peralatan rumah tangga dan TV juga akan memperoleh manfaat dari teknologi lipat yang baru.

Sebagian besar vendor ponsel Android dan startup telah mengerjakan perangkat lipat. Google juga telah menyatakan komitmennya untuk menyediakan dukungan Android untuk desain perangkat lipat. Diantara perangkat yang sudah diumumkan yakni Royole FlexPai yang dijual mulai USD1.318 dengan kombinasi RAM 6GB dan penyimpanan 128GB.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: