sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
Jumat, 28 Agst 2020 10:05 WIB

TCL punya desain ponsel dengan kamera tak terlihat

Desain ponsel dari TCL telah muncul secara online dengan perangkat tanpa modul kamera yang terlihat, baik pada bagian layar maupun di sisi belakangnya.

TCL punya desain ponsel dengan kamera tak terlihat
Source: LetsGoDigital via Gizmochina

Beberapa tahun terakhir ini sejumlah pabrikan ponsel telah mencoba mengembangkan perangkat dengan sensor kamera yang tertanam di bawah layar. Dan tampaknya sekarang teknologi tersebut siap untuk digunakan pada ponsel komersial. Dilansir dari Gizmochina (28/8), ZTE telah mengonfirmasi akan meluncurkan ponsel Axon 20 5G pada 1 September, menjadikannya ponsel pertama di dunia dengan kamera di dalam layar.

Di sisi lain, TCL juga mengerjakan hal yang sama. Ini dibuktikan bahwa pabrikan asal Tiongkok ini memulai permohonan paten pada beberapa waktu lalu. Tampaknya perusahaan tersebut cukup ambisius lagi karena tidak berhenti pada kamera di bawah layar, tetapi ingin menyembunyikan seluruh sensor kamera.

Paten desain ponsel baru yang diajukan oleh TCL telah muncul secara online dengan perangkat tanpa modul kamera yang terlihat – baik pada bagian layar maupun di sisi belakangnya. Paten yang pertama kali dilaporkan oleh LetsGoDigital ini juga mencakup sketsa produk, sehingga memberi gambaran lebih jelas seputar produknya.

Gambar tersebut menunjukkan ponsel dengan bezel yang relatif lebih tebal di sekitar layar. Pasti ada sensor kamera di bawah layar, setidaknya untuk kamera depan. Namun yang menarik, tidak ada modul kamera yang terlihat di bagian belakang.

Bagian atas sisi belakang secara signifikan lebih besar daripada bagian lainnya dan mungkin ada hubungannya dengan modul kamera. Namun, tidak ada deskripsi yang terungkap di dalam paten ini. Untuk modul kamera tak terlihat di bagian belakang, TCL dapat menggunakan teknologi yang kita lihat di ponsel OnePlus Concept One. Bagian belakang kemungkinan memiliki pabel kaca transparan saat kamera digunakan dan buram saat tidak digunakan.

Sebagai informasi, ini baru sebatas paten sehingga belum ada kepastian bahwa perusahaan berencana meluncurkan perangkat dengan desain dan teknologi seperti itu. TCL kemungkinan besar akan meluncurkan ponsel dengan seluruh modul kamera tersembunyi.

Share
×
tekid
back to top