SuperVOOC 2.0 65W fitur pengisian cepat yang bakal hadir dalam waktu dekat

Meski belum resmi hadir di Indonesia, saya sempat menjajal fitur SuperVOOC terbaru milik Oppo ini, hasilnya teknologi pengisian baterai baru ini memang sangat cepat.

SuperVOOC 2.0 65W fitur pengisian cepat yang bakal hadir dalam waktu dekat

Baterai berkapasitas besar memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk diisi hingga penuh. Oleh karena itu para pabrikan ponsel membutuhkan sistem pengisian cepat. Salah satu pabrikan ponsel yang memiliki fitur pengisian baterai cepat adalah Oppo dengan teknologi VOOC-nya, atau Voltage Open Loop Multi-step Constant-Currect Charging (VOOC) yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014.

Untuk mendapatkan proses pengisian daya yang cepat, teknologi pengisian cepat Oppo menggabungkan tiga aspek penting. Ketiga aspek itu adalah hardware, software serta algoritma pengisian daya. Versi terbaru adalah SuperVOOC 2.0 65W, yang sudah hadir pada Reno Ace yang dirilis di Tiongkok.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Oppo A31 telah terima sertifikasi Bluetooth

Begini bocoran layar Oppo Find X2

Oppo punya desain kamera belakang seperti siklus Bulan


Beruntungnya, redaksi Tek.id sempat menjajal fitur pengisian cepat SuperVOOC 2.0 65W pada perangkat Reno Ace. Kami menggunakan adaptor dan kabel bawaan dari Reno Ace untuk mengetahui seberapa kencangnya teknologi baru ini saat mengisi ulang sebuah ponsel.

Dalam kondisi habis, baterai Oppo Reno Ace yang memiliki kapasitas 4.000 mAh dapat terisi hingga 18 persen dalam tempo 3 menit saja. Setelah 10 menit pengisian berjalan, indikator baterai menunjukkan kapasitas baterai sudah terisi sebanyak 58 persen. 

Pengisian saya lanjutkan ketika ponsel dalam kondisi standby (ponsel dalam keadaan hidup). Tiga menit pertama, SuperVOOC 2.0 65W mampu mengisi baterai sebesar 17 persen, berbeda sedikit ketika ponsel dalam keadaan mati (18 persen). Sedangkan dalam tempo 10 menit, baterai ponsel Reno Ace sudah terisi 48 persen.

Hal tersebut membuktikan bahwa klaim Oppo soal pengisian 10 menit yang akan memberikan daya baterai 40 persen adalah benar. Bahkan, berdasarkan hasil yang saya lakukan, hasilnya melebihi klaim tersebut. 

Pengujian singkat fitur SuperVOOC 2.0 65W pada Reno Ace menjanjikan banyak hal bagi penguna. Cepat, aman, dan tidak panas. Meski begitu fitur ini baru ada pada seri Reno Ace yang resmi dirilis untuk pasar Tiongkok. Namun Sahabat Tek tidak perlu khawatir, kabarnya fitur ini akan dibawa pada smartphone Oppo yang akan dirilis dalam waktu dekat. Tunggu saja kabar selanjutnya ya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Editor :
Tek ID