sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Jumat, 08 Mar 2024 14:17 WIB

Spotify menaikkan harga berlangganan di Prancis imbas kenaikan pajak

Spotify akan menaikkan harga berlangganan di Perancis sebagai tanggapan terhadap pajak baru yang dibuat pemerintah setempat.

Spotify menaikkan harga berlangganan di Prancis imbas kenaikan pajak

Spotify mengumumkan rencananya untuk menaikkan harga berlangganan di Perancis sebagai tanggapan terhadap pajak baru yang dibuat pemerintah setempat untuk mendukung industri musik negara tersebut. Dalam surat terbuka yang dikeluarkan pada hari Kamis, perusahaan streaming musik ini mengecam keras pajak yang disahkan oleh pemerintah Perancis pada akhir 2023.

Dilansir dari engadget (8/3), belum diungkapkan seberapa tinggi kenaikan harga tersebut, namun Spotify menyebut bahwa "pengguna Perancis akan membayar berlangganan termahal di Uni Eropa." Pajak CNM Perancis memberlakukan beban pajak pada layanan musik yang menghasilkan lebih dari 20 juta euro ($21,9 juta) di negara tersebut, termasuk Spotify, Apple Music, dan Deezer. Meskipun Apple Music dan Deezer menentang pajak tersebut, mereka belum mengumumkan kenaikan harga serupa.

Pajak 1,2 persen ini dikenakan pada semua pendapatan streaming yang dihasilkan di Perancis. Selain layanan musik, perusahaan media sosial yang melisensikan musik, seperti TikTok dan Facebook, juga tunduk pada pajak ini, yang akan disalurkan ke Centre National de la Musique (CNM), lembaga publik yang mendukung dan mempromosikan industri musik Perancis.

Awalnya pada bulan Desember 2023, Spotify mencabut dukungan keuangan dari festival musik Perancis, Francofolies de la Rochelle dan Printemps de Bourges. Meskipun sebelumnya mengancam akan menarik layanannya dari Uruguay ketika pajak serupa diumumkan di sana, Spotify akhirnya mundur saat pemerintah Uruguay menyatakan bahwa layanan streaming tidak perlu menanggung biaya apapun.

Walaupun telah mengurangi dukungan anggaran pemasaran artis dan festival musik Perancis, Spotify belum mengancam akan meninggalkan Perancis, mungkin karena negara itu sangat penting bagi pendapatan mereka. Sebaliknya, mereka melakukan kampanye tekanan publik, menggambarkan pajak tersebut sebagai upaya pemerintah yang tidak perlu untuk mengumpulkan uang yang hanya sebagian kecil yang akan dialokasikan untuk industri musik.

"Diperkirakan pajak ini akan menghasilkan sekitar 15 juta euro, sementara anggaran administratif CNM (biaya kantor, personel, belanja modal, pemantauan media, atau pelatihan profesional, dll.) mencapai 20,2 juta euro," tulis perusahaan dalam surat terbuka tersebut. "Kekhawatiran kami adalah bahwa mungkin kurang dari separuh dari total anggaran 146,9 juta euro akan digunakan secara efektif untuk membantu musik."

Meskipun menyebut anggaran administratif CNM, Spotify tidak memberikan bukti bahwa pajak tersebut tidak akan digunakan untuk membantu industri musik. Perusahaan tersebut mencatat pertumbuhan pendapatannya sebesar 16 persen YoY menjadi €3,7 miliar ($4,05 miliar) pada Q4 2023 dan menggambarkannya sebagai "sebuah kuartal yang sangat kuat." CEO Spotify menjual saham senilai $57,5 juta pada Februari setelah penjualan saham senilai $64 juta pada Oktober 2023.

"Seperti yang sudah kita katakan sejak dulu, kami tidak bisa menyerap pajak tambahan," tulis Spotify. "Bahkan setelah membuat keputusan sulit untuk mengurangi anggaran pemasaran artis dan mendukung festival musik Perancis, yang merupakan kendaraan penting bagi Spotify untuk terus mengalirkan ratusan juta euro ke industri musik, ini tetap menghambat kemampuan kami untuk beroperasi di Perancis. Oleh karena itu, dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, kami perlu membuat perubahan pada rencana harga kami di Perancis."

Spotify menyatakan bahwa pelanggan di Perancis akan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kenaikan harga "dalam beberapa minggu mendatang." 

Kenaikan pajak selalu menjadi isu sensitif dan sering kali memicu berbagai tanggapan dari masyarakat. Jika Indonesia mengalami kenaikan pajak di bawah kepemimpinan presiden yang baru, mungkin hal serupa bisa saja terjadi di tanah air.

Share
×
tekid
back to top