Duo Pixel 4 akan segera rilis. Simak spesifikasi dan fiturnya!

Tinggal hitungan hari Google Pixel 4 Series akan meluncur. Smartphone ini membawa beberapa fitur perdana yang sebelumnya tidak terdapat di seri Pixel.

Duo Pixel 4 akan segera rilis. Simak spesifikasi dan fiturnya! Source: Google

Google dilaporkan akan meluncurkan Pixel 4 dan Pixel 4XL dalam waktu dekat. Tinggal hitungan hari, kedua flagship terbaru perusahaan tersebut akan hadir. Sejumlah rumor sudah berkembang sejak lama, salah satunya terkait spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Sambil menunggu kehadiran kedua smartphone tersebut, kita simak sejenak apa yang akan ditawarkan Google pada perangkat terbarunya ini. 

Perbedaan keduanya


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kontroler Stadia ternyata tak sepenuhnya nirkabel

Layar Pixel 4 XL dinobatkan sebagai layar ponsel terbaik

Google Pixel 4 hadir dengan teknologi radar


Awal bulan ini, 9to5google (11/10) mengunggah sebuah spesifikasi yang diduga kuat akan dimiliki oleh duo Pixel terbaru. Dalam unggahan tersebut, kedua smartphone ini akan hadir dengan mesin, kapasitas memori dan seluruh aspek spesifikasi yang sama persis satu sama lain. Yang membedakan keduanya adalah ukuran layar. 

Google Pixel 4 akan hadir dengan layar OLED berukuran 5,7 inci. Sementara saudaranya, hadir dengan panel sama namun berukuran lebih besar, yakni 6,3 inci. Keduanya dirumorkan sudah mendukung tampilan 90Hz. 

Perbedaan lain ada di sektor baterai. Versi standarnya, yakni Pixel 4 akan memiliki baterai berkapasitas 2800mAh, sementara versi yang lebih besar hadir dengan kapasitas baterai 3700mAh. Ada kemungkinan keduanya juga hadir dengan teknologi pengisian cepat yang sama. 

 

Snapdragon 855 dan Pixel Neural Core

Sementara sisanya, kedua smartphone ini tampil identik. Setidaknya di dalam bodi Pixel 4 series ini akan tertanam chipset Snapdragon 855 dengan Pixel Neural Core. Sebagai pembanding, Google Pixel 3 Series hadir dengan Pixel Visual Core. 

Pixel Neural Core merupakan teknologi yang diberikan Google untuk meningkatkan pengalaman fotografi di smartphone tersebut. Ada kemungkinan kalau Pixel Neural Core ini akan berhubungan dengan kemampuan artificial intelligence. Di sisi lain, Google Pixel 4 Series bakal hadir dengan RAM 6GB dan dua opsi memori internal, yakni 64GB dan 128GB. 

 

Dua Kamera Belakang dan dukungan Face Unlock

Untuk pertama kalinya Google menyematkan dua kamera belakang pada perangkat Pixel. Sebelumnya, di saat brand lain dengan semangat terus menambah jumlah kamera belakang, Google tetap berkutat dengan satu kamera belakang dan satu kamera depan. 

Kali ini, duo Pixel 4 hadir dengan dua kamera, 12MP dan 16MP. Nah, kamera 16MP ini kabarnya mengusung fungsi telefoto. Menurut rumor, kemampuan zoom duo Pixel 4 mencapai 8x. Kabarnya di sektor ini Google juga memberikan fitur Motion Mode. Fitur ini akan menangkap gambar aksi yang bergerak. 

Desain aplikasi kamera di Pixel 4 Series pun berganti. Desain yang sebelumnya terkesan kaku diganti dengan desain yang lebih luwes dengan menghilangkan sudut kaku pada setiap pojok aplikasi tersebut. 

Bukan hanya itu saja, kamera depan Pixel 4 Series sudah mendukung teknologi Face Recognition. Google pun sudah memastikan hal tersebut. Teknologi tiu mengandalkan kamera inframerah dan sebuah proyektor. Menurut Google, face unlock di smartphone ini dapat bekerja hampir pada banyak orientasi. 

Bukan sekadar untuk membuka smartphone, Google mengatakan bahwa face unlock ini dapat digunakan untuk sistem pembayaran. Kira-kira fungsinya akan sama seperti Face ID. 

 

Bisa dikendalikan tanpa disentuh, dan tanpa versi 5G

Google menempatkan sebuah chip radar kecil yang disebut dengan Soli. radar itu ditempatkan pada bezel atas smartphone ini. Soli ini akan bertanggung jawab untuk Face Unlock dan kontrol Motion Sense. Berkat adanya fitur ini, pengguna bisa melewati lagu, mematikan alarm, dan memasuki mode senyap ketika ada panggilan telepon. Pengguna bahkan bisa memeriksa layar mereka tanpa harus menyentuh perangkat Pixel. 

Rumor sempat menyebut kalau Google sedang menyiapkan veri 5G dari Pixel 4. Nyatanya, itu hanya berupa rumor palsu. Google belum akan memberikan versi 5G untuk perangkat ini. TheVerge (11/10), menyebut bahwa teknologi millimeter-wave yang digunakan radar Soli disangka sebagai millimeter-wave untuk koneksi 5G. 

Millimeter-wave yang ada di duo Pixel 4 ini berjalan dengan tenaga yang sangat rendah dan dipancarkan dari bagian depan smartphone ini dan mati ketika diposisikan sejajar dengan kepala penggunanya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Google akan menghadirkan Pixel versi 5G. Yang jelas, untuk saat ini hal itu belum akan terjadi. 

 

Harga 

Sejauh ini, Google belum mengumumkan berapa harga yang akan ditawarkan untuk kedua perangkat tersebut. Kendati begitu, seorang tipster bernama Evan Blass belum lama ini menyebut harga yang akan diberikan di Kanada. 

Dalam cuitan Evan Blass, Pixel 4 64GB dihargai CAD1,049.95, sementara Pixel 4 128GB akan dijual seharga CAD1,199.95. Sedangkan untuk versi Pixel 4XL 64GB akan dihargai CAD1,199.95 sementara versi dengan kapasitas lebih besar dibanderol seharga CAD1,359.95. 

Kalau mau dikonversi ke Rupiah, masing-masing perangkat tersebut akan berharga sekitar Rp11.2 juta, Rp18,8 juta dan yang paling mahal seharga Rp14,5 juta. 

Google dilaporkan akan buka-bukaan soal flagship terbarunya ini pada 15 Oktober mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: