Smartphone masa depan Essential bisa difungsikan dengan suara

Andy Rubin atau kerap disebut Bapak Android, berencana menempatkan sebagian besar proyeknya untuk fokus pada pengembangan smartphone jenis baru.

Smartphone masa depan Essential bisa difungsikan dengan suara (Foto: iMore)

Andy Rubin atau kerap disebut Bapak Android, berencana menempatkan sebagian besar proyeknya untuk fokus pada pengembangan smartphone jenis baru. Menurut sumber yang dikutip Bloomberg, perangkat itu akan mencoba meniru pengguna dan secara otomatis menanggapi pesan atas nama mereka.

Essential - perusahaan yang didirikan Rubin, untuk sementara menghentikan pengembangan speaker pintar rumahan serta smartphone dengan konsep yang lain. Penjualan smartphone pertama Essential diketahui tak begitu signifikan. Essential juga dilaporkan telah mempertimbangkan untuk menjual perusahaan mengingat serangkaian kemunduran yang didapati. Hal ini kemudian menjadi alasan perusahaan menghadirkan gebrakan perangkat baru.

Dilansir Bloomberg, Kamis (11/10), desain smartphone baru Essential tak akan terlihat sebagaimana smartphone yang biasa kita lihat saat ini. Layarnya akan hadir dengan ukuran yang kecil dan mengharuskan pengguna untuk berinteraksi menggunakan perintah suara. Perangkat itu juga akan dilengkapi kecerdasan buatan rancangan Essential.

Dukungan perintah suara, digunakan untuk membuat janji atau membalas email hingga pesan teks. Pengguna juga disebut bisa menggunakan perangkat itu untuk melakukan panggilan telepon, melalui perintah suara. 

Rubin tampaknya ingin menangkap imajinasi orang-orang dengan produk yang benar-benar berbeda ketimbang yang lain. Perangkat baru ini diharapkan mampu membuat Essential menggebrak pasar yang selama ini didominasi oleh Apple dan Samsung. Meski perusahaan belum secara terbuka mengungkap rencana perangkat barunya, Rubin pernah menyiratkan proyek itu.

"Jika saya bisa sampai pada titik di mana ponsel Anda adalah versi virtual dari Anda, Anda dapat menikmati hidup Anda, makan malam tanpa menyentuh ponsel, serta melakukan hal lain atas nama Anda.. Saya pikir saya bisa menyelesaikan sebagian dari perilaku adiktif," kata Rubin dalam wawancara dengan Blomberg tahun lalu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: