Skor kamera Asus Zenfone 6 saingi Xiaomi Mi 9

DxOMark memuji autofokus Zenfone 6 yang dinilai cepat dan akurat, pengendalian noise dan rendering warna bahkan ketika flash dihidupkan.

Skor kamera Asus Zenfone 6 saingi Xiaomi Mi 9 (Foto: Android Pit)

Asus Zenfone 6 mengusung kamera yang berbeda dari vendor lainnya. Bukan pop-up, smartphone ini membawa komponen yang mampu menjadikan kamera belakang bisa difungsikan juga sebagai kamera depannya. Layaknya, hasil jepretan kamera Zenfone 6 baik saat difungsikan sebagai kamera belakang maupun depan, sama bagusnya. Kendati begitu ulasan DxOMark memiliki penilaian yang berbeda.

Kamera belakang Zenfone 6 meraih skor keseluruhan 104 di DxOMark. Secara rinci, smartphone Asus ini meraih skor 107 poin untuk foto dan 99 poin untuk video. Kameranya sendiri terdiri dari sensor Sony IMX586 48MP dengan aperture f/1.8 dan sensor ultrawide 13MP f/2.4. Kamera smartphone ini juga dilengkapi dual-LED flash, kemampuan perekaman video 4K pada 30fps serta EIS.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Asus resmi boyong ROG Phone 2, harga mulai dari Rp8,499 juta

Asus ZenFone 5Z kebagian pembaruan Android 10

Kualitas audio ROG Phone II duduki posisi 4 DXOMark


DxOMark memuji kemampuan autofokus Zenfone 6 yang dinilai cepat dan akurat, pengendalian noise dan rendering warna bahkan ketika flash aktif. Detailnya bahkan disebut mendekati tingkat detail Huawei P30 Pro dan mengungguli Xiaomi Mi 9 dalam hal pengendalian tekstur secara keseluruhan. Kinerjanya soal detail bahkan disebut lebih baik ketimbang Honor 20 Pro. 

Kekurangan Zenfone 6 menurut penilaian DxOMark adalah ketajaman gambar khususnya di sisi sudut ketimbang sisi tengah. Selain itu, pijar kerap muncul utamanya saat memotret ke arah sumber cahaya yang terang. 

Sebagaimana smartphone kekinian lainnya, Zenfone 6 membawa sensor wide. Sayangnya ponsel ini tak membawa sensor tele sehingga dinilai kurang untuk membidik objek saat diperbesar. Namun ulasan DxOMark menyebut smartphone ini "sedikit lebih baik ketimbang banyak ponsel lainnya yang disertai kamera tunggal atau kamera wide ganda" dengan magnifikasi 2x. 

Soal video, Zenfone 6 menduduki peringkat teratas di DxOMark. Selain mampu merekam dalam resolusi 4K secara default, smartphone ini mampu mengendalikan tekstur gambar dengan baik, terlepas dari kondisi pencahayaan. Poin ini bahkan mampu dilakukan Zenfone 6 dengan lebih baik ketimbang Galaxy Note 10+ 5G dan Xiaomi Mi 9. Sayangnya tingkat detailnya mulai turun ketika kondisi cahaya sangat rendah.

Sebelumnya DxOMark telah memberikan penilaian untuk kamera Zenfone 6 ketika kameranya difungsikan sebagai kamera depan. Untuk ini, DxOMark memberikan skor 98 poin. Skor ini bahkan mengantarkan flagship Asus itu sebagai raja selfie hingga akhirnya dilampaui Galaxy Note 10+ 5G.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: