Sensor 3D di iPad mendatang punya kemampuan AR dan VR

Apple sedang membangun kemampuan virtual reality dan augmented reality di sekitar sensor 3D dalam iPad generasi mendatang.

Sensor 3D di iPad mendatang punya kemampuan AR dan VR Source: IT Pro

Apple dikabarkan sedang membangun serangkaian realitas virtual dan augmented reality di sekitar sensor 3D, dalam iPad generasi mendatang dengan kemampuan AR yang canggih. Dilansir dari Apple Insider (11/11), Apple sebelumnya telah menunjukkan minat dalam modul time of flight yang menghasilkan depth maps sangat akurat, dengan mengukur waktu yang dibutuhkan gelombang cahaya untuk melakukan perjalanan ke dan dari permukaan target. 

Kabarnya teknologi tersebut akan berbeda dari sistem kamera TrueDepth Apple saat ini. Menurut Bloomberg, iPad generasi mendatang akan mengintegrasikan sensor 3D Apple dalam lubang kecil bersama sepasang kamera. Sensor tersebut yang akan digunakan sebagian untuk membuat "rekonstruksi tiga dimensi dari ruangan, objek, dan orang". Bahkan dikabarkan Apple juga berencana untuk menambahkan sensor tersebut ke iPhone high-end terbaru 2020 mendatang, bersama dengan kemampuan konektivitas 5G. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple tidak akan gunakan port lightning di produk iPhone 2021

iPhone masa depan akan pakai in-display fingerprint

Apple akan gunakan teknologi layar mini LED pada MacBook dan iPad 2020


Sistem sensor 3D tersebut juga diharapkan mendarat pada headset "gabungan AR dan VR". Kabarnya perangkat ini akan dirancang untuk bermain gim, menonton konten video, dan memfasilitasi pertemuan virtual. Diklaim headset ini akan tiba pada tahun 2021 atau 2022 mendatang. Mengingat ini masih berupa bocoran, sehingga kita masih harus menunggu beberapa waktu lagi untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai hal tersebut. 

Sebelumnya Apple telah dikabarkan mengembangkan proyek headset AR-nya yang akan tiba tahun 2019 ini. Kemudian dikabarkan mendorong peluncurannya kembali karena alasan yang tidak diketahui. Namun diperkirakan headset AR ini kemungkinan tiba pada tahun 2022, yang diikuti oleh sepasang kacamata pintar pada tahun 2023 mendatang. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: