Samsung umumkan sensor kamera 108 MP

Samsung akhirnya mengumumkan sensor kamera 108 MP. Ini berhubungan dengan klaim Xiaomi untuk menghadirkan kamera 100 MP pada perangkat terbarunya.

Samsung umumkan sensor kamera 108 MP Source: Samsung

Xiaomi sebelum ini rumornya akan menghadirkan smartphone dengan resolusi kamera 100MP. Xiaomi bekerja sama dengan Samsung dalam hal itu. Pabrikan smartphone asal Tiongkok itu akan menggunakan sensor kamera buatan Samsung.

Sensor kamera itu sendiri baru saja diperkenalkan Samsung. Sensor itu mendukung resolusi kamera dengan 108 megapiksel seperti yang dinyatakan Xiaomi. Samsung menamainya dengan ISOCELL Bright HMX. Perusahaan itu mengklaim sensornya sebagai yang pertama yang memiliki 100 juta piksel. Resolusi ini diklaim setara dengan kamera DSLR. 


BACA JUGA

Samsung segera rilis casing Marvel Galaxy Note 10

Terungkap spesifikasi seri Galaxy M yang dirilis di 2020

Terungkap spesifikasi kamera Galaxy A21 hingga Galaxy A91


Untuk diketahui, ISOCELL Bright HMX ini berukuran 1/1.33 inci. Ada pula mekanisme Smart-ISO. Mekanisme ini akan menentukan level ISO sesuai dengan kondisi cahaya. Artinya, mekanisme ini akan memilih ISO rendah ketika berada di kondisi dengan cahaya yang terang. Sebaliknya, ketika kekurangan cahaya, ISO akan mampu mengatur ulang ke sensitivitas tinggi. 

Bukan hanya itu, sensor ini memungkinkan perekaman video dengan resolusi 6K 30 fps. Untuk ukuran sebuah kamera ponsel, resolusi ini menjadi satu lompatan besar. 

Untuk diketahui, Samsung ISOCELL menggunakan teknologi pixel binning yang disebut Tetracell. Teknologi ini akan menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk mendapatkan hasil gambar dengan detail dan pencahayaan yang lebih baik. Jadi, dengan resolusi 108MP itu, pengguna bisa mendapatkan gambar 27MP dengan pencahayaan yang lebih terang dan detail lebih baik daripada kamera 27MP biasa. Tentunya pengguna juga mendapat pilihan untuk memotret dengan resolusi maksimal, namun butuh situasi dengan pencahayaan paling ideal. 

“Untuk ISOCELL Bright HMX, Xiaomi dan Samsung telah bekerja sama sejak tahapan konsep untuk memproduksi sensor 108 MP. Kami senang melihat resolusi gambar yang sebelumnya hanya terdapat pada DSLR tingkat atas dapat didesain dalam smartphone,” ujar Lin Bin, co-founder dan presiden Xiaomi. 

“Sebagai kelanjutan dari kerjasama ini, kami tidak hanya akan menghadirkan pengalaman kamera selular, tetapi juga sebuah platform di mana pengguna bisa membuat konten yang unik.” lanjutnya. 

Dilansir dari Engadget (12/8), beberapa produk terbaru Samsung telah dikritik karena kameranya kurang mampu menangkap gambar dengan baik di kondisi minim cahaya. Hasilnya masih kalah jika dibandingkan dengan produk Huawei P30 Pro dan beberapa smartphone yang menggunakan sensor kamera dari Sony. Dengan meningkatkan ukuran sensor tersebut, semoga saja Samsung berhasil menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Sensor ini sendiri kabarnya akan mulai diproduksi secara massal bulan ini. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: