Samsung tegaskan Galaxy J digantikan Galaxy A

Alih-alih membuat sub-brand sebagaimana vendor China, Samsung memangkas Galaxy J dan menggabungkannya dengan Galaxy A.

Samsung tegaskan Galaxy J digantikan Galaxy A (Foto: Sammobile)

Strategi menghadirkan sub-brand untuk memperluas pasar dan lini produk dalam kelas yang berbeda sudah dilakukan oleh beberapa vendor smartphone China. Huawei misalnya menghadirkan Honor di beberapa negara. Hal serupa juga dilakukan Oppo melalui merek Realme dan Vivo dengan merek iQoo.

Alih-alih melakukan hal serupa, Samsung memilih untuk menghadirkan seri baru yakni Galaxy M. Galaxy M20 dan M30 menjadi duo smartphone Galaxy M dalam memulai debutnya. Sebagai gantinya, Samsung memangkas Galaxy J dan menggabungkannya dengan Galaxy A. Hal ini sebelumnya telah diungkap oleh Samsung Indonesia usai peluncuran jajaran Galaxy S10 beberapa waktu lalu.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Galaxy A51 bakal mirip Galaxy Note 10

Ini nama layar yang akan dipakai di Galaxy S11

Ini dia spesifikasi Exynos 980 dari Samsung


Namun kini hal tersebut semakin jelas dengan sebuah posting-an video Youtube di akun Samsung Malaysia. Secara tegas video itu menyatakan bahwa Galaxy J kini menjadi bagian dari jajaran Galaxy A. Keluarga Galaxy sendiri terdiri dari Galaxy S, Galaxy Note, Galaxy A, Galaxy J, Galaxy C, dan Galaxy On. 

Dilansir Gizmochina (9/4), Galaxy C dan Galaxy On dikhususkan di kawasan regional dan dijual secara online saja. Tahun lalu, Samsung menghapus Galaxy On dan Galaxy C. Menyusul keduanya, raksasa teknologi Korea Selatan itu kini menghapus Galaxy J dan melucurkan Galaxy M.

Galaxy A mulanya dirancang untuk menjadi smartphone Samsung yang menyasar kelas menengah. Namun Sasmung belum bisa memenuhi kompetisi yang kini semakin ketat, dimana berbagai vendor China menghadirkan smartphone dengan spesifikasi mumpuni dan harga yang terjangkau.

Mengacu video itu, Galaxy A yang menggantikan Galaxy J tak lagi terbatas pada perangkat kelas menengah atas yang harganya mahal. Kini Galaxy A juga akan menawarkan model smartphone yang lebih terjangkau seperti Galaxy A10, A20, A20e, dan A30. Samsung juga menghadirkan Galaxy A2 Core yang kabarnya akan menjadi ponsel Android Go. 

Sementara tu, Galaxy A untuk kelas menengah atas akan hadir sebagai Galaxy A50, Galaxy A70 dan Galaxy A90. Jajaran perangkat ini kemungkinan akan bergabung dengan Galaxy A60 dan A80 di masa mendatang.

Video itu juga menjelaskan migrasi Galaxy J ke Galaxy A membawa peningkatan di sisi baterai dan layar yang kekinian dengan poni. Galaxy A baru juga menawarkan kamera yang lebih banyak hingga pemindai sidik jari di layar.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: