sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 07 Feb 2022 09:59 WIB

Samsung Galaxy S yang akan datang dibuat dari limbah plastik di laut

Smartphone andalan Samsung yang akan diluncurkan pada Galaxy Unpacked 2022 dibuat dari limbah plastik daur ulang di laut.

Samsung Galaxy S yang akan datang dibuat dari limbah plastik di laut
Source: Tek.id

Jelang acara Galaxy Unpacked pada 9 Februari mendatang, Samsung mengungkapkan ponsel seri Galaxy S untuk pertama kalinya akan dibuat dari limbah plastik daur ulang di laut, seperti bekas jaring ikan.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan mengatakan langkah itu adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk “meminimalkan jejak lingkungannya dan membantu mendorong gaya hidup yang lebih berkelanjutan untuk komunitas Galaxy,” dikutip dari Digital Trends (7/2). 

Perangkat akan menggunakan sampah plastik yang terbengkalai dari semua ukuran yang terletak 50 kilometer dari pantai di area yang tidak memiliki pengelolaan limbah. Perusahaan berencana untuk melakukan hal yang sama untuk seluruh jajaran produknya dari waktu ke waktu.

“Perangkat ini akan mencerminkan upaya berkelanjutan kami untuk menghilangkan plastik sekali pakai dan memperluas penggunaan bahan ramah lingkungan lainnya, seperti bahan pasca konsumen daur ulang dan kertas daur ulang,” kata Samsung.

Samsung mencatat 640,000 ton jaring ikan yang ditinggalkan setiap tahun pada akhirnya menghancurkan kehidupan laut, merusak terumbu karang, dan bahkan masuk ke rantai makanan ekosistem laut.

“Jaring ikan yang dibuang ini mengganggu keseimbangan lingkungan kita pada tingkat yang mengkhawatirkan,” kata perusahaan. “(Mengumpulkan dan menggunakan kembali jaring) adalah langkah pertama yang penting dalam menjaga laut tetap bersih serta melestarikan planet dari masa depan kita bersama.”

Upaya Samsung terhadap lingkungan mengikuti jejak perusahaan teknologi lain seperti Microsoft yang tahun lalu mengumumkan Mouse Plastik Laut yang dibuat dengan 20% plastik laut daur ulang. 

Selain perusahaan teknologi, brand fesyen ternama Adidas selama beberapa tahun memproduksi beberapa sepatunya menggunakan sampah plastik daur ulang. Sementara pembuat jam Denmark Skagen tahun lalu meluncurkan jam tangan Aaren Ocean, yang menggunakan plastik laut daur ulang pada strap, kasing, dan dial.

Acara Samsung Galaxy Unpacked berlangsung pada 9 Februari, memberikan pandangan pertama pada ponsel andalan terbaru perusahaan yang akan bersaing dengan iPhone 13 Apple.

Share
×
tekid
back to top