Samsung dan Realme jadi smartphone paling andal di India

CyberMedia Research menerbitkan laporan yang menyatakan smartphone Samsung dan Realme menghadapi sedikit masalah di India.

Samsung dan Realme jadi smartphone paling andal di India (Foto: NDTV)

CyberMedia Research (CMR), sebuah perusahaan riset yang berbasis di Gurugram menerbitkan laporan yang menyatakan smartphone Samsung dan Realme memiliki tingkat pengembalian terendah di India. Artinya, smartphone ini menghadapi sedikit masalah ketimbang vendor lainnya dalam waktu enam bulan setelah pembelian.

Terkait dengan penanganan masalah, Samsung menduduki puncak tertinggi dengan persentase 75%, disusul Realme 71% dan Redmi 70%. Laporan ini melibatkan 4.000 pemilik smartphone di delapan kota di India dengan membahas faktor yang mempengaruhi pilihan mereka saat memilih ponsel.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Redmi Note 8 dan realme XT berebut tahta smartphone empat kamera

Google resmi luncurkan Pixel 4 dan 4 XL, ini spesifikasi dan harganya

Samsung siapkan Galaxy S10 Lite, pakai Snapdragon 855


Faktor utamanya adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone tertentu. Selain itu, faktor ini dibagi dalam beberapa fitur mencakup kinerja (88%), daya tahan (83%), kamera (80%), daya tahan baterai (70%), RAM (78%). Faktor lainnya yang sangat mempengaruhi keputusan kosumen adalah layanan purna jual dan tingkat pengembalian.

Menurut laporan itu, Samsung adalah vendor teratas dalam hal purna jual dengan persentase 84%. Perusahaan lainnya yaitu Vivo (82%) dan Oppo (80%). Soal kemudahan menemukan service center, Vivo meraih perolehan tertinggi dengan persentase 82%, disusul Realme (79%), Xiaomi (76%) dan Oppo (75%). 

Dilansir Gizmochina (21/9), laporan ini menyoroti fakta bahwa meskipun Samsung tersalip oleh Xiaomi di India sebagai vendor tertinggi, namun Samsung masih memimpin dalam hal kepuasan pelanggan untuk memberikan purna jual terbaik. Di sisi lain, Realme yang merupakan merek baru sukses meningkatkan posisinya meski dalam waktu yang singkat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: