sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
Selasa, 21 Apr 2020 15:38 WIB

Samsung berencana kembangkan sensor kamera 600 MP

Agar dapat mewujudkannya, Samsung juga perlu mengembangkan teknologi baru. Perusahaan ini telah mempercanggih teknologi pixel binning.

Samsung berencana kembangkan sensor kamera 600 MP
Source: Samsung

Bisa dibilang Samsung membuat kemajuan besar dalam hal sensor kamera ponsel. Perushaan ini adalah yang pertama yang meluncurkan sensor gambar beresolusi 64 MP, dan yang pertama pula meluncurkan sensor gambar beresolusi 108 MP.

Tetapi tampaknya perusahaan asal Korea Selatan itu belum merasa puas dalam hal jumlah megapiksel untuk kamera ponsel. Dilansir dari Gizmochina (21/4), Samsung baru saja mengungkapkan dalam sebuah artikel bahwa mereka memiliki rencana untuk mengembangkan sensor kamera dengan resolusi 600 MP.

Agar memiliki perspektif perbandingan, Yongin Park, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Tim Sensor Bisnis, System LSI Business Samsung mengatakan bahwa mata manusia dapat cocok dengan resolusi 500 MP. Namun, dengan sensor 40 MP dan 12 MP yang masih standar, mewujudkan sensor 600 MP sepertinya menjadi perjalanan panjang.

Agar dapat mewujudkannya, Samsung juga perlu mengembangkan teknologi baru. Perusahaan ini telah mempercanggih teknologi pixel binning. Sensor 64 MP dari Samsung menggunakan pixel binning 2x2, sedangkan sensor 108 MP menggunakan pixel binning 3x3 untuk meningkatkan daya tangkap cahaya dan mengurangi masalah yang terkait dengan kondisi cahaya rendah.

Ambisi Samsung untuk sensor kamera di masa mendatang tidak terbatas pada resolusi 600 MP. Divisi System LSI Business Samsung, yang berurusan dengan sensor gambar, juga berencana untuk memproduksi sensor yang dapat mendeteksi bau dan rasa.

Selain memasok sensor gambar untuk ponsel, perusahaan ini juga dilaporkan berencana untuk menyediakan sensor kamera untuk use case lain, termasuk kendaraan otonom, drone, dan perangkat IoT lainnya.

Saat ini, sensor kamera 108 MP tetap yang tertinggi untuk ponsel. Namun hal ini akan segera berubah. Samsung sedang mengerjakan sensor 150 MP menggunakan teknologi Nonacell dan diharapkan akan tersedia mulai kuartal keempat tahun ini.

Share
back to top