Samsung bakal bedakan mainboard Exynos dan Qualcomm di Galaxy S10

Beberapa sumber mangatakan bahwa Samsung sudah mulai menggunakan mainboard antara Exynos dan Qualcomm mulai dari Galaxy S9 dan Note 9.

Samsung bakal bedakan mainboard Exynos dan Qualcomm di Galaxy S10 Ilustrasi Prosesor Exynos (Samsung)

Selama beberapa tahun belakang, Samsung selalu membuat mainboard yang sama untuk prosesor Exynos dan Qualcomm. Namun, kabarnya mulai dari Galaxy S10, Samsung akan membedakan mainboard antara prosesor Exynos dan Qualcomm.

Dalam beberapa laporan, Galaxy S10 akan menggunakan Substrate Like PCB (SLP), sebuah mainboard generasi terbaru milik perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut. Namun, mainboard ini hanya akan dimiliki oleh prosesor Exynos saja.


BACA JUGA

Samsung jadi vendor pertama yang ingin produksi RAM 12Gb LPDDR5

Samsung mulai rancang Galaxy Fold 2

Samsung hadirkan Galaxy A80 dengan rotating camera


Diketahui, mainboard SLP ini akan menumpuk atau mengemas chip lebih ketat, membuat jejak kaki mereka jauh lebih kecil, menyisakan ruang untuk hal-hal lain di dalam ponsel, seperti baterai yang lebih besar, atau lainnya.

Salah satu contoh yang sudah mulai menggunakan mainboard SLP ini Apple pada iPhone X mereka. Hal ini membuat mereka dapat memproduksi baterai berbentuk ‘L’, di mana mereka bisa mengemas kapasitas baterai yang lebih besar.

Phone Arena (22/10) melaporkan, Samsung sudah menggunakan papan SLP secara massal dengan mulai dari Galaxy S9, S9 + dan Note 9. Meski begitu, mereka hanya menggunakan teknologi ini di prosesor Exynos mereka saja.

Lantas, apa alasan Samsung hanya menggunakan SLP di Exynos saja? Ternyata, empat dari sepuluh pemasok yang digunakan Samsung untuk papan sirkuit ponselnya memiliki kemampuan dan kapasitas untuk menghasilkan desain SLP.

Beberapa di antaranya adalah Samsung Electro-Mechanics, Daeduck GDS, dan Korea Circuit sudah dapat memasok papan SLP untuk Galaxy S10. Masalahnya adalah bukan pemasok perusahaan tidak memiliki kapasitas untuk memproduksi.

Sayang, hingga saat ini, pihak Samsung pun masih belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait dengan rumor tersebut. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: