Rumor: Pixel 4 tidak akan punya tombol fisik dan notch

Sebagai pengganti tombol fisik tersebut, Pixel 4 dilaporkan akan menggantinya dengan area sentuh berbasis kapasitif di bagian sisi samping.

Rumor: Pixel 4 tidak akan punya tombol fisik dan notch

Belum lama ini Google menghadirkan smartphone Pixel 3 versi terjangkau yakni, Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Kendati demikian, ada rumor baru mereka bakal menghadirkan sang penerus Pixel 3, yang tentu saja bernama Pixel 4. Dilansir dari Digital Trends (18/5), smartphone flagship Google mendatang tersebut tidak akan dilengkapi oleh tombol fisik dan notch.

Kabar tersebut hadir dari seorang YouTuber Jon Prosser dari channel YouTube bernama Front Page Tech yang mengatakan Google Pixel 4 akan mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan pendahulunya (Pixel 3). Perubahan ini termasuk penanggalan tombol daya dan volume.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Aturan pemblokiran ponsel BM via IMEI diteken pemerintah

TSMC: tahun depan produksi smartphone 5G akan semakin banyak

Motorola akan luncurkan smartphone lipat mereka 13 November mendatang


Sebagai pengganti tombol fisik tersebut, Pixel 4 dilaporkan akan menggantinya dengan area sentuh berbasis kapasitif di bagian sisi samping. Dengan demikian desain alumuniumnya tidak terganggu dengan jendolan tombol tepi frame.

Alasan untuk menghilangkan tombol fisik tidak diungkapkan, tetapi Prosser percaya bahwa itu ada hubungannya dengan bingkai Active Edge yang dapat dikustomasi. Pada perangkat Pixel sebelumnya, fitur ini terbatas pada bagian-bagian tertentu dari bingkai alumunium yang tidak memiliki tombol fisik. Dengan menggantinya dengan area sentuh kapasitif, Edge Active dapat meluas ke seluruh sisi Pixel 4.

Selain meniadakan tombol fisik, sumber-sumber Prosser juga mengklaim bahwa layar Pixel 4 tidak akan memiliki notch, kamera depannya hadir dengan konsep hole-punch seperti layaknya Samsung Galaxy S10. Layar akan memiliki bezel dan dagu sangat tipis, tetapi akan mempertahankan speaker strereo menghadap depan seperti Pixel 2 dan Pixel 3.

Sisi belakang smartphone juga tidak lagi dilengkapi dengan sensor sidik jari, karena Google menerapkan teknologi pemindai sidik jari pada layar di Pixel 4. Perangkat ini juga dilaporkan akan memiliki pengaturan kamera belakang ganda, konfigurasi ini akan memiliki orientasi horisontal, bukan vertikal.

Semua informasi ini hanyalah sebatas rumor, yang akan benar-benar diketahui keberadaan aktualnya hingga Google mengeluarkan informasi resmi. Kredibilitas Prosser juga perlu dipertimbangkan, karena ia sebelumnya memberikan bocoran untuk Pixel 3 dan Pixel 3 XL yang ternyata akurat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: