Enaknya menonton film di smartphone berfitur audio Dolby Atmos

Oppo A9 2020 menghadirkan fitur audio Dolby Atmos dan dua speaker. Dengan jurus tersebut, ternyata perangkat ini mampu meningkatkan pengalaman menonton film dan mendengarkan musik ke level selanjutnya.

Smartphone dengan dua speaker sudah cukup jarang beredar di pasaran saat ini. Padahal menikmati konten dengan kehadiran dua speaker bisa menghadirkan pengalaman audio yang berbeda. Suara lebih lantang dengan kehadiran dua speaker ini.

Oppo A9 2020, hadir dengan dua speaker. Posisi speaker Oppo A9 2020 ini berada di sisi bawah berdekatan dengan slot USB Type-C, dan satu lagi di atas kamera depan. Jadi posisi speaker tidak terlalu terganggu halangan ketika diletakkan di atas meja. Karakter suara yang keluar memang tidak terlalu keras. Akan tetapi speaker ini lebih menghadirkan detil suara. Sementara itu efek surround pun terasa. Ini bisa kami simpulkan karena saat bermain game PUBG Mobile, kami bisa menebak arah langkah musuh yang datang dengan akurat. Biasanya hal ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan earphone pada smartphone-smartphone lain.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Oppo patenkan layar melengkung di keempat sisinya

Baterai Opp Reno Ace bisa penuh dalam waktu 30 menit

Jajal Oppo A9 2020, smartphone RAM 8 GB terjangkau


Ternyata selain memiliki dua speaker, teknologi tata suara Hi-Res Audio besutan Dolby Atmos hadir pada Oppo A9 2020. Inilah yang membuat pengalaman mendengar audio jadi lebih menarik. Cara pengaturannya, Anda bisa membuka setting lalu ke pengaturan Sound&Vibration, di sana ada menu Global Sound dan menemukan Dolby Atmos.

Ada empat pengaturan yang bisa Anda pilih di menu pengaturan ini. Ada audio preset Smart, Movie, Gaming, dan Music. Menu Smart bisa mendeteksi, apakah pengguna sedang menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game.

Pada saat memainkan file musik di speaker, dan mengganti audio preset-nya ke game dan movie, memang tidak terlalu berasa. Akan tetapi saat menggunakan earphone, berasa sekali perbedaannya.

Perubahan yang berbeda sangat terasa ketika Anda memutar film streaming di Netflix. Preset paling pas memang Movie. Pasalnya efek surround dan ketebalan bass-nya terasa sampai ke ubun-ubun.

Untuk membuktikannya, kami memutar film Dunkrik di Netflix. Sebuah film epic dengan tata suara dan efek audio berkualitas tinggi. Film yang berkisah tentang Perang Dunia II ini, menghadirkan suara pesawat tempur yang datang berselewiran dari beberapa penjuru, desingan peluru, gelombang lautan, dan elemen-elemen audio lain di dalamnya.

Desingan peluru yang berasal dari belakang, benar-benar terdengar seperti datang dari belakang layar smartphone. Ini membuktikan efek 3D pada sistem audio A9 2020, benar-benar bukan isapan jempol. Begitu pula saat pesawat tempur datang dari arah depan lalu menukik naik ke atas, suaranya memang mengikuti adegan di dalamnya dengan baik.

Sayangnya, fitur Dolby Atmos ini akan non aktif saat perangkat terhubung pada perangkat speaker maupun earphone Bluetooth. Kendati begitu kami bisa merasakan perbedaan saat Dolby Atmos aktif dan tidak. Pada saat Dolby Atmos aktif, efek surround, ketebalan dan detail audio jadi meningkat lebih baik.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Editor :
Tek ID