Redmi Note 8 dan realme XT berebut tahta smartphone empat kamera

Baik Xiaomi Redmi Note 8 dan Realme XT yang akan meluncur bulan ini akan memiliki konfigurasi empat kamera dengan kamera utama beresolusi 64MP yang akan memiliki harga di bawah Rp5 juta-an.

Redmi Note 8 dan realme XT berebut tahta smartphone empat kamera

Pada Oktober ini, Indonesia akan kehadiran dua smartphone baru dengan konfigurasi 4 kamera utama. Kedua smartphone yang saya maksud adalah Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan Realme XT.

Ada beberapa keunggulan utama yang dihadirkan oleh kedua smartphone tersebut, yakni memiliki kamera utama beresolusi 64MP, satu kamera ultra wide beresolusi 8MP, satu kamera macro beresolusi 2MP, dan satu kamera depth sensor beresolusi 2MP.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

IDC: Blokir IMEI akan tingkatkan penjualan smartphone resmi

BBK-ing: rahasia Oppo, Vivo, dan realme menyingkirkan Samsung di Indonesia

Pikir dua kali sebelum mengisi daya menggunakan charger publik


Tapi, secara spesifikasi, kedua smartphone ini tampaknya ditujukan untuk dua segmen berbeda. Misalnya Redmi Note 8 pro, yang akan diluncurkan pada 17 Oktober mendatang sepertinya akan ditujukan sebagai smartphone gaming.

Hal ini dikarenakan Xiaomi memilih untuk menggunakan prosesor gaming terbaru milik MediaTek, yakni Helio G90T. Seperti diketahui, prosesor ini memang sengaja dibuat untuk pengalaman gaming yang cukup baik dikelasnya.

Prosesor ini dipersenjatai dengan konfigurasi Big.Little berupa enam Cortex-A55 di kecepatan 2GHz dan dua Cortex-A76 di kecepatan 2.05 GHz. Sedangkan untuk GPU, prosesor ini akan menggunakan Mali G75.

Layarnya pun cukup lebar, yakni menggunakan layar berukuran 6,53 inci dengan resolusi HD+ IPS dengan dukungan HDR. 

Di sisi lain, Realme XT akan hadir pada 23 Oktober mendatang. Jika merujuk spesifikasi dari GSM Arena, smartphone ini lebih ditujukan untuk multimedia. Hal ini dikarenakan smartphone ini menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ dengan lebar layar 6,4 inci.

Sedangkan untuk prosesornya, Realme lebih memilih menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 712. Prosesor ini menggunakan konfigurasi Big.Little berupa dua Kryo 360 Gold di kecepatan 2.3 GHz dan enam Kryo 360 Silver yang berjalan di kecepatan 1.7 GHz.

Uniknya, jika Qualcomm sudah menggunakan teknologi fabrikasi 10nm di prosesor mereka, MediaTek sedikit ketinggalan. Helio G90T masih menggunakan teknologi fabrikasi 12nm. Meski begitu, dari beberapa bocoran di luar, hasil skor Redmi Note 8 Pro dapat mengalahkan Realme XT di pengujian AnTuTu. Kami akan melakukan pengujian mendalam saat kami sudah mendapatkan kedua perangkat tersebut.

Pembeda lainnya adalah kamera depan. Xiaomi menyematkan kamera 20MP di Redmi Note 8 Pro. Sedangkan Realme hanya menyematkan kamera depan beresolusi 16MP saja. 

Tak ketinggalan, Realme XT akan memiliki baterai yang lebih kecil, yakni 4.000mAh dengan pengisian daya VOOC Flash Charge 3.0 (20W). Sedangkan Redmi Note 8 akan menggunakan baterai 4.500mAh dengan teknologi fast charging 18W.

Sedangkan sisanya, seperti pemilihan besaran RAM dan kapasitas penyimpanan keduanya sama persis. Pengguna akan dapat memilih perpaduan 6 GB RAM dan penyimpanan 64GB, 6GB RAM dan penyimpanan 128GB, atau 8GB RAM dan penyimpanan 128GB.

Soal harga, bocoran terbaru menyatakan bahwa harga jual Redmi Note 8 Pro akan ada di kisaran USD215 atau sekira Rp3,1 juta. Sedangkan Realme XT juga akan dibanderola pada kisaran 3 jutaan.

So, kalian lebih pilih mana nih sahabat tek?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: