RAM smartphone buatan Samsung, kalahkan kapasitas RAM laptop

Karena ukuran RAM baru ini membutuhkan ruang yang sedikit, ruang untuk menempatkan baterai lebih besa di perangkat pun terbuka lebar.

RAM  smartphone buatan Samsung, kalahkan kapasitas RAM laptop Source: Samsung via Engadget

Samsung meluncurkan chip DRAM smartphone berkapasitas tertinggi LPDDR4X 12 GB yang diklaim akan memberikan smartphone premium lebih banyak memori dibandingkan dengan laptop-rata-rata. Dilansir dari Engadget (14/3), chip ini akan ideal untuk perangkat multi-kamera yang komplek serta smartphone lipat dengan layar beresolusi tinggi.

Dirancang menggunakan fabrikasi 10 nanometer generasi kedua dari Samsung, chip ini tampaknya bakal hadir pada Galaxy S10+ versi keramik. Perangkat itu menampilkan RAM LPDDR4X 12 GB. Samsung pun hanya memproduksi tiga chip LPDDR4X: dua berkapasitas 8 GB dan satu 12 GB. Kecepatan yang diusungnya sama seperti RAM LPDDR4 (4.266 MB/s), tetapi memiliki efisiensi daya hingga 10 persen. RAM ini juga diprediksi akan muncul di Samsung Galaxy S10 5G mendatang.


BACA JUGA

Harga Redmi Note 7 di Indonesia lebih murah dari China

Sebaik apa aperture kamera Vivo V15 Pro?

Motorola dikabarkan akan pakai chipset Exynos buatan Samsung


Lantaran RAM baru in hanya membutuhkan ruang yang sangat sedikit, ini akan membantu menciptakan lebih banyak ruang untuk baterai lebih besar.

Penyimpanan ekstra akan menjadikan ponsel lebih cepat dalam proses multitasking dan jauh lebih lancar. Selain itu, RAM 12 GB akan sangat berguna ketika merekam video HDR 4K, agar jauh lebih stabil.

Samsung mengatakan akan meningkatkan produksi RAM 8 GB yang ada dan chip 12 GB 10 nanometer yang baru untuk memenuhi permintaan yang diharapkan. “Dengan LPDDR4X, kami memperkuat posisi kami sebagai pembuat memori smartphone premium yang terbaik untuk mengakomodasi permintaan yang berkembang pesat dari produsen smartphone global,” kata Samsung VP Sewon Chun.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: