Rahasia kamera tersembunyi OnePlus Concept One

Tiga kamera smartphone OnePlus terbaru berada di bawah kaca electrochromic. Kaca jenis ini dapat diubah transparansinya.

Rahasia kamera tersembunyi OnePlus Concept One Source: GizmoChina

Masih ingat kalau OnePlus punya desain kamera tersembunyi baru untuk smartphone buatannya? Nah, akhirnya perusahaan Tiongkok itu mengumumkan smartphone Concept One di ajang CES 2020. Seperti teaser yang sebelumnya pernah diberikan, perusahaan Tiongkok itu berhasil menyembunyikan kamera belakang smartphone terbarunya ini dengan menggunakan material kaca khusus. Sampai saat ini, smartphone tersebut masih berstatus konsep saja. 

Dalam pengumuman yang dibuat di CES 2020, OnePlus bekerja sama dengan McLaren. Concept One sendiri hadir dengan balutan kulit berwarna Papaya Orange di bagian belakangnya. Sekilas bentuknya mirip dengan OnePlus 7T Pro. Pasalnya smartphone ini hadir dengan konsep tanpa notch dan kamera depan pop up. Sementara di bagian belakangnya, ada tiga kamera tersembunyi yang tersusun secara vertikal. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini kata CEO OnePlus soal smartphone lipat

OnePlus punya desain kamera belakang tersembunyi

OnePlus pamer fitur baru bernama Instant Translate


Dilansir dari GizmoChina (8/1), tiga kamera itu berada di bawah kaca electrochromic. Kaca jenis ini dapat diubah transparansinya. Jenis kaca seperti ini biasanya digunakan untuk sunroof mobil, jendela pesawat dan bangunan yang menggunakan kaca sebagai temboknya. 

Ketiga kamera ini nantinya akan terlihat ketika pengguna membuka aplikasi kamera. Demikian pula sebaliknya, ketika aplikasi kamera ditutup, kamera itu akan kembali tidak terlihat. Transparansi kaca pelapisnya akan berkurang untuk menyembunyikan modul kamera. Perusahaan Tiongkok ini mengklaim bahwa transisi kamera dari terlihat menjadi tidak terlihat hanya berlangsung selama 0,7 detik saja. 

Yang menarik lagi, lapisan kaca di kamera belakang OnePlus Concept Phone dapat diatur tingkat transparansinya. Dalam hal ini, kaca tersebut dapat berfungsi layaknya filter ketika menggunakan kamera, terutama ketika berada di lingkungan dengan cahaya matahari yang terang. OnePlus mengklaim bahwa smartphone ini menggunakan electrochromic paling canggih yang pernah ada. 

“Konsep smartphone ini merupakan eksperimen signifikan untuk menuju bentuk smartphone di masa depan. Kamera tidak terlihat ini merupakan bentuk desain kamera baru, yang menyelamatkan pengguna dari kompromi tata letak kamera saat ini.” ungkap Pete Lau, CEO dan Founder OnePlus.

Perlu diketahui, smartphone ini baru sebatas konsep saja. Belum diketahui dengan pasti, apakah OnePlus akan menjual perangkat ini atau tidak.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: