sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
Jumat, 20 Nov 2020 12:35 WIB

Ponsel NFC akan mampu isi daya stylus secara nirkabel tanpa koil tambahan

Perangkat juga akan mengisi daya menggunakan 2 mode, yaitu mode statis yang memanfaatkan frekuensi radio standar serta memberikan keluaran daya tetap, dan mode negosiasi yang menggunakan frekuensi radio lebih tinggi.

Ponsel NFC akan mampu isi daya stylus secara nirkabel tanpa koil tambahan

Ada sebuah laporan bahwa di masa mendatang, perangkat dengan dukungan Near Field Communication (NFC) akan memiliki kemampuan untuk mengisi daya stylus aktif secara nirkabel. Berita ini hadir setelah pengumuman kemitraan antara NFC Forum dan Universal Stylus Initiative (USI).

Dilansir dari Gizmochina (20/11), fitur baru tersebut bisa terjadi sebagai hasil dari integrasi Wireless Charging Specification (WLC) oleh NFC Forum ke dalam perangkat yang memenuhi standar USI. Spesifikasi pengisian daya (charging specification), yang diumumkan pada Mei tahun ini menghadirkan dukungan untuk pengisian daya nirkabel 1W pada perangkat kecil. Ponsel atau tablet dengan NFC tidak perlu memiliki kumparan pengisian daya karena antena NFC berfungsi ganda sebagai kumparan pengisian daya.

Meski daya sebesar 1W termasuk rendah dalam hal perangkat pengisian daya nirkabel seperti earphone atau smartwatch (NFC Forum menyebutkan perangkat itu sebagai perangkat yang akan memanfaatkan fitur baru), ini seharusnya cukup untuk aksesori kecil seperti stylus karena memiliki baterai yang jauh lebih kecil.

NFC akan mengontrol transfer daya dan spesifikasi pengisi daya menggunakan frekuensi dasar 13,56 MHz, sebagaimana dilaporkan XDA Developers. Perangkat juga akan mengisi daya menggunakan dua mode, yaitu mode statis yang memanfaatkan frekuensi radio standar, serta memberikan output daya tetap, dan mode negosiasi yang menggunakan frekuensi radio lebih tinggi tetapi dapat menghadirkan output dari 0,25W menjadi 0,5 hingga 1W.

Belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur tersebut mulai hadir di perangkat, tetapi diperkirakan ponsel dengan dukungan itu akan hadir pada tahun depan. Meski demikian tidak heran jika sebagian besar pabrikan ponsel lebih suka menggunakan chip NFC saat ini yang tidak mendukung pengisian secara nirkabel, mengingat mereka yakin hal tersebut bukanlah fitur penting untuk ditambahkan ke perangkatnya.

Share
×
tekid
back to top