sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 23 Jul 2021 08:49 WIB

Playdate, konsol gim portabel yang mirip Game Boy

Playdate memiliki desain yang mirip dengan Game Boy dengan bentuk tombol pengaturan yang sangat khas.

Playdate, konsol gim portabel yang mirip Game Boy
Credit: Playdate

Panic, salah satu pengembang aplikasi pihak ketiga dan gadget bergaya retro, baru-baru ini merilis konsol gim yang hampir mirip dengan Game Boy. Playdate menawarkan sesuatu yang berbeda, dari konsol gim portabel di tahun ini. Dari segi desain, Playdate memiliki warna kuning elektrik yang sangat mencolok.

Perangkat ini telah dikenalkan perusahaan sejak bulan lalu, dan masih terdapat beberapa pengembangan. Tapi kini, Playdate sudah siap untuk dipasarkan oleh Panic. Sebagai konsol gim portabel, Playdate memiliki bentuk persegi dengan dimensi 76x74mm dengan ketebalan 9mm. Ini tentu sudah menjadi bagian pembeda dengan konsol gim portabel saat ini yang umumnya berbentuk persegi panjang.

Pada bagian depan, Playdate menggunakan layar 400x240 1-bit, dimana hanya menampilkan warna hitam putih yang seperti Game Boy. Sedangkan untuk tombol pengaturan, terdapat beberapa tombol yang meliputi, D-pad dan A/B yang berada tepat di bawah layar. Kemudian, Playdate juga memiliki tombol home/menu di pojok kanan atas dan tombol lock di samping perangkat.

Selain tombol tersebut, Playdate juga memiliki tombol pengaturan berbentuk crank berwarna silver yang terletak di samping perangkat. Crank ini memiliki pegangan yang dapat diputar untuk memainkan gim tertentu. Ketika, pegangan tersebut dapat dimasukkan ke slot di sisi samping perangkat. Keberadaan Crank yang membuat Playdate sangat berbeda dengan konsol gim portabel lain.

Kemudian, Playdate juga dilengkapi speaker kecil yang berada di sisi kanan layar. Untuk dapur pacunya, Playdate menggunakan prosesor Cortex M7 180Hz dengan RAM 16MB. Konsol gim ini dapat bertahan hingga 8 jam saat aktif digunakan untuk bermain gim. Meski mengusung gaya retro, terdapat beberapa fitur baru yang menyertai Playdate, ini mencakup dukungan koneksi WiFi, lubang headphone, dan port USB Type C.

Dalam kemasan Playdate, Panic memberikan penawaran sejumlah 24 judul gim di konsol tersebut. Ini juga akan termasuk dengan kabel USB C to A. Kedepan, Panic juga akan menghadirkan dock untuk Playdate. Konsol ini akan dapat dipesan mulai 29 Juli mendatang di situs web resminya, dengan harga mulai USD179 (Rp2,5 juta).

Tag
Share
×
tekid
back to top