sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
Minggu, 22 Mar 2020 12:30 WIB

Pixel 5 dan 5 XL diduga gunakan Snapdragon 765G

Dalam sebuah bocoran terbaru, diketahui Google akan menggunakan prosesor Snapdragon 765G untuk jajaran Pixel 5 dan 5 XL.

Pixel 5 dan 5 XL diduga gunakan Snapdragon 765G
Credit : 9to5Google

Siapa sih yang tak kenal dengan perangkat Pixel? Ya, smartphone besutan Google tersebut terkenal sebagai smartphone flagship yang menawarkan performa tinggi dengan kamera canggih serta banyak teknologi baru lainnya.

Namun, dalam sebuah kabar terbaru, tampaknya generasi Pixel selanjutnya, yakni Pixel 5 tidak akan menggunakan prosesor high-end milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865. Lantas, apa alasannya?

9to5Google (22/3/2020) melaporkan, petunjuk ini hadir dari sebuah kode untuk aplikasi kamera Pixel 4a dan 4a XL. Koding "photo_pixel_2020_midrange_config" yang cukup jelas menggambarkannya sebagai ponsel kelas menengah Google untuk tahun 2020.

Melihat di tempat lain dalam aplikasi, kita juga dapat menemukan “photo_pixel_2020_config”. Bocoran tersebut membuat banyak orang cukup yakin bahwa ini merujuk ke Pixel 5, yang akan dirilis pada musim gugur mendatang.

Selain itu, dalam kode tersebut juga terdapat kode Redfin dan Bramble. Kedua kode tersebut muncul Januari silam, tersembunyi jauh di dalam kode yang Google pernah publikasikan. Dari penampilan sebelumnya, kami mengetahui bahwa baik Redfin dan Bramble ditenagai oleh prosesor Snapdragon 765G.

Yang menarik, koding ini juga memastikan bahwa Redfin dan Bramble adalah ponsel Pixel seri utama Google untuk tahun 2020, yang berarti adalah perangkat tersebut adalah Pixel 5 dan Pixel 5 XL

Ini berarti, baik Pixel 5 dan 5 XL akan menggunakan Snapdragon 765G. Hal ini cukup masuk akal mengingat prosesor tersebut merupakan satu-satunya prosesor yang memiliki chip 5G yang tertanam secara langsung.

Seperti diketahui, Snapdragon 865 tidak memiliki kemampuan jaringan 5G terintegrasi. Hal ini harus membuat para penggunanya membeli modem terpisah, dan akan meningkatkan harga jual dari smartphone mereka.

Dan seperti diketahui, Google selalu membuat perangkat Pixel mereka sebagai smartphone “terjangkau”. Hal ini terlihat jelas pada Pixel 4 dan 4 XL, yang memiliki harga jual sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Penurunan prosesor ini pun sepertinya akan disambut kurang baik oleh penggemar teknologi. Hal ini dikarenakan performa Snapdragon 765G memiliki kemampuan 30 hingga 50 persen lebih rendah dari Snapdragon 865.

Share
back to top