sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
Rabu, 13 Mei 2020 14:41 WIB

Penjualan smartphone 5G di Q1 didominasi Samsung

Samsung telah mengirimkan 8,3 juta unit smartphone 5G dari total 24,1 juta dalam kuartal pertama di tahun 2020.

Penjualan smartphone 5G di Q1 didominasi Samsung
Source: The Korean Herald

Samsung merupakan pemimpin dalam pengiriman global smartphone 5G selama tiga bulan terakhir berdasarkan laporan The Korean Herald (13/5). Ia adalah satu-satunya perusahan dari luar Tiongkok di antara 4 perusahaan lainnya dalam 5 vendor teratas. Samsung telah mengirimkan 8,3 juta unit dari total 24,1 juta dalam kuartal pertama di tahun 2020. Jumlah unit tersebut berhasil mencapai pangsa pasar sebanyak 34,1%

Sementara Samsung berada di posisi pertama vendor ponsel pintar 5G di kuartal pertama 2020, Huawei berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 33,2%.  Perusahaan Tiongkok ini mengirimkan sekitar 8 juta unit ponsel 5G selama periode tersebut. Dilanjut Vivo, pada urutan ketiga di Q1 2020, dengan pangsa pasar 12%. Xiaomi memegang posisi keempat dengan pangsa pasar 10,4%, sementara OPPO berada di urutan kelima dan meraih 5% dari pasar ponsel pintar global 5G.

 

5 smartphone 5G teratas

 

Dalam menghadapi OEM Andorid asal Tiongkok, Samsung pertama kali meluncurkan smarphone 5G terjangkaunya bulan lalu yakni pada Galaxy A51 5G dan Galaxy A71 5G. Kita masih perlu melihat ke depan untuk mengetahui apakah smartphone mid-range itu dapat meningkatkan pangsa pasar perusahaan. Samsung juga akan menghadapi saingan kuatnya, Apple di akhir tahun nanti dengan iPhone 12 yang mendukung kemampuan 5G. 

Meskipun Samsung tetap menjadi vendor smarphone terbesar di dunia, Apple sepenuhnya mendominasi pasar Amerika Serikat (AS). Sesuai data terbaru dari Counterpoint Research, tiga dari lima smartphone terlaris di AS pada Q1 2020 adalah iPhone.  Samsung A10e, entry-level Samsung, adalah smartphone terlaris keempat di negara itu selama periode tersebut, sementara Galaxy A20 meraih tempat kelima. Berkat pandemi virus corona dan penjualan awal seri Galaxy S20 yang lambat, penjualan Samsung turun 23% dari tahun ke tahun di AS pada kuartal terakhir ini.

Share
back to top