Pengguna Samsung S9+ dan Note 8 keluhkan masalah SMS

Sejumlah pengguna Samsung mengeluhkan smartphone-nya mengirimkan foto dan pesan teks secara acak ke kontak mereka.

Pengguna Samsung S9+ dan Note 8 keluhkan masalah SMS (Foto: Cnet)

Sejumlah pengguna Samsung mengeluhkan smartphone-nya mengirimkan foto dan pesan teks secara acak ke kontak mereka. Menurut posting-an di Reddit dan forum resmi Samsung yang ditemukan Gizmodo, perangkat yang terdampak masalah itu yakni Galaxy S9 dan Galaxy Note 8.

Pengguna mengatakan bahwa Samsung Messanger atau aplikasi SMS yang secara default terinstal pada perangkat Galaxy, mendorong foto dan pesan teksĀ kepada kontak secara acak. Namun masalah itu tak meninggalkan catatan dari pesan yang dikirim.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Galaxy A70s bakal bawa kamera 64MP

Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus laris manis di Korea Selatan

Samsung Galaxy A10s resmi rilis di Indonesia


Salah satu pengguna Reddit berkata bahwa Galaxy S9+ miliknya mengirimkan seluruh isi galeiĀ foto ke kontaknya pada tengah malam ketika dirinya tengah terlelap. Dia menyebutkan, meskipun tak ada bukti pengiriman pesan tersebut di Samsung Message, hal itu muncul pada log operator yang dia gunakan.

Pengguna tersebut juga menambahkan dirinya tak pernah menggunakan tab share di galeri Samsung yang memungkinkannya mengirimkan foto melalui aplikasi pesan, email atau media sosial tanpa meninggalkan galeri foto mereka. Masalah ini juga tampaknya mempengaruhi beberapa pesan teks di Samsung.

Dalam forum resmi Samsung S9, pengguna menyebutkan Samsung Message mengalami bug setelah pembaruan SMS T-Mobile RCS pada ponselnya. Mayoritas masalah ini dikeluhkan oleh pengguna operator T-Mobile, sehingga memicu kesimpulan bahwa penyebab masalah itu merupakan pembaruan dari operator tersebut.

Seharusnya pembaruan itu meningkatkan SMS dengan menambahkan fitur seperti grup obrolan, video dan dukungan GIF serta berbagi file dan lokasi. dalam sebuah pernyataan juru bicara Samsung mengatakan "Kami menerima laporan tentang masalah ini dan tim teknis kami sedang menyelidikinya. Pelanggan yang terdampak bisa langsung menghubungi kami langsung". Sementara itu, T-Mobile mengatakan bahwa masalah tersebut bukan ditimbulkan oleh pihaknya sehingga pengguna diarahkan untuk menghubungi Samsung secara langsung.

Untuk saat ini, pengguna bisa mengatasi masalah itu dengan dua cara. Pertama, masuk ke pangaturan aplikasi dan melepaskan kemampuan Samsung Message untuk mengakses penyimpanan. Kedua, pengguna bisa berhenti menggunakan Samsung Message hingga perusahaan menyelesaikan masalah itu dan sebagai gantinya beralih memakai aplikasi pihak ketiga. Demikian dilansir TechCrunch.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: