sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
Selasa, 05 Jan 2021 10:08 WIB

Paten smartphone lipat Xiaomi punya 7 desain berbeda

Dari empat paten smartphone lipat Xiaomi yang ada, terdapat total 7 desain yang berbeda dengan model clamshell dan layar lebar.

Paten smartphone lipat Xiaomi punya 7 desain berbeda
Source: LetsGoDigital

2021 merupakan tahun di mana para perusahaan smartphone besar berencana untuk meluncurkan perangkat lipat. Seperti pada Desember lalu, pendiri sekaligus analis utama di DSCC (Display Supply Chain Consultants) mengatakan akan ada empat smartphone lipat dari Xiaomi, OPPO, dan vivo pada 2021. Kemudian pada malam Natal, ia menambahkan bahwa Xiaomi sendiri kemungkinan merilis tiga jenis model lipat di tahun ini. Dan sekarang, laporan terbaru pada pembuka 2021 mengungkapkan bahwa 7 desain smartphone lipat dari empat paten Xiaomi telah muncul.

Dilaporkan oleh Gizmochina (5/1) dari LetsGoDigital, paten tersebut diterbitkan pada 1 Januari 2021 dan berisi total 7 desain ponsel lipat yang berbeda. Setelah dikategorikan, terdapat 3 model dalam bentuk clamshell dan 4 model tablet sport.

Model Clamshell

Dari tiga model clamshell, dua di antaranya memiliki tampilan layar penuh tanpa notch ataupun punch hole, serta tampilan penutup horizontal yang kecil di bagian atas ponsel. Masuk ke kamera, model pertama memiliki satu kamera besar yang dipasangkan dengan flash LED. Model kedua mencakup pengaturan quad-camera yang diposisikan vertikal disertai dengan flash LED, sensor yang tidah diketahui, dan sesuatu yang tampak seperti lubang mikrofon sekunder.

Sementara model ketiga, terlihat mirip dengan Motorola razr 5G yang terbalik. Model tersebut memiliki bagian atas yang tebal dengan pengaturan dua kamera untuk selfie dan panggilan video. Bagian bawahnya tidak memiliki bezel dan ini dapat mengganggu saat melakukan panggilan. Selain itu, terdapat tiga kamera belakang serta tombol daya, volume, dan slot kartu SIM di sisi kanan.

Model layar besar

Terlepas dari ketiga desain clamshell, Xiaomi juga telah mematenkan empat smartphone layar lipat besar yang seperti tablet. Desain ini hampir terlihat seperti Galaxy Z Fold 2 dengan beberapa perbedaan tipis.

Dua di antaranya menampilkan elemen desain khas Mi MIX Alpha dengan menggunakan panel OLED fleksibel tunggal yang berfungsi sebgai layar dalam utama dan layar penutup luar tanpa punch-hole ataupun notch. Satu-satunya perbedaan adalah pengaturan kamera di mana model pertama menampilkan quad-camera secara vertikal, sedangkan model kedua memiliki AI Super Camera yang besar. Seperti desain lainnya, tombol daya berada di sisi kanan.

Desain terakhir, memiliki tampilan layar yang berbeda dengan di atas. Disertai dua panel yang berbeda, namun tetap membawa layar bersih tanpa lubang. Dua model terakhir ini memiliki empat kamera dengan desain dan ukuran sensor yang berbeda. Tombol volume dan daya masih berada di sisi kanan.

Dengan banyaknya desain dari paten-paten tersebut, belum dapat dipastikan yang manakah yang akan diimplementasikan oleh Xiaomi. Satu hal yang pasti adalah perusahaan tersebut sedang mengerjakan smartphone lipat denga nama sandi ‘cetus’ dan ditenagai Qualcomm Snapdragon, kamera 108MP, dan MIUI berbasis Android 11.

Share
×
tekid
back to top