sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
Rabu, 09 Sep 2020 11:57 WIB

Paten iPhone tunjukkan mekanisme pembuangan air seperti di Apple Watch

Paten iPhone pada 2019 lalu menunjukan mekanisme pembuangan air seperti di Apple Watch akan hadir di iPhone.

Paten iPhone tunjukkan mekanisme pembuangan air seperti di Apple Watch

Apple Watch selama ini dikenal dengan sebuah fitur unik. Ya, dibanding kebanyakan smartwatch yang tahan air, Apple Watch justru punya pendekatan lain, yakni teknologi yang mampu mengeluarkan air dari dalam smartwatch melalui lubang speaker. Teknologi ini mulai digunakan Apple sejak meluncurkan Apple Watch 2. 

Nah, kabarnya Apple akan memperluas adopsi teknologi ini untuk perangkat lainnya. Dalam sebuah paten baru yang didaftarkan Apple, iPhone pun akan memiliki kemampuan serupa. 

Sebagaimana diketahui, teknologi tersebut memungkinkan Apple Watch untuk membuang air yang terperangkap di dalamnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggetarkan speaker untuk menghasilkan suara tertentu yang dapat mendorong air keluar. Fitur ini akan sangat berguna ketika Apple Watch digunakan saat berenang atau selama mandi. 

Dilansir dari 9to5mac (9/9), paten yang baru saja dipublikasikan mengindikasikan teknologi serupa untuk iPhone. Paten ini sebenarnya sudah didaftarkan Apple sejak 2019 lalu. Cara kerjanya pun mirip seperti yang digunakan Apple di Apple Watch.

Teknologi pembuangan air di iPhone ini akan menggunakan speaker dan sebuah modul sensor dengan lapisan anti air untuk membuang air dari dalam iPhone. Hal ini diklaim akan membuat perangkat iPhone semakin anti air, di samping juga menjaga speaker tetap bekerja dengan baik sekalipun sudah terkena cairan. 

Dalam deskripsinya, Apple menyebut kalau mekanisme ini bisa digunakan untuk membuang beberapa jenis air. Di antaranya adalah, air tawar, air asin, kondensasi dan beberapa jenis air lainnya. Bahkan modul ini bisa mendeteksi keberadaan kristalisasi air asin dalam ruang pembuangannya. Mekanisme ini diklaim dapat menghilangkan kristal-kristal dari air asin tersebut. 

Sayangnya belum diketahui dengan pasti apakah Apple berniat untuk memasang teknologi ini di perangkat iPhone. Hal ini mengingat upaya keras Apple untuk menjaga lonjakan harga perangkatnya saat ini. Kehadiran mekanisme ini dipandang dapat menambah harga jual perangkat iPhone di masa depan.

Share
×
img
×
tekid
back to top