sun
moon
Premium Partner :
Rabu, 18 Mar 2020 10:31 WIB

Paten Apple tunjukkan mouse yang bisa berubah bentuk

Apple punya paten mouse yang dapat berubah bentuk untuk menangani berbagai macam kebutuhan penggunanya.

Paten Apple tunjukkan mouse yang bisa berubah bentuk
Source: USPTO

Mouse menjadi komponen penting ketika berinteraksi dengan komputer. Kebutuhan mouse menjadi mutlak kala menggunakan desktop PC. Sayangnya, setiap seri mouse memiliki ukuran yang sama. Hal ini membuat sebuah mouse bisa cocok pada satu pengguna, namun tidak dengan yang lainya. 

Solusinya adalah menciptakan mouse dengan beberapa ukuran, yang sebenarnya banyak memakan sumber daya. Karena itulah, Apple berusaha membuat mouse yang akan cocok digunakan setiap orang yang memakainya. 

Apple baru saja mengajukan paten untuk sebuah desain mouse yang dapat berubah bentuk dan memberikan respon getaran kepada penggunanya. Dalam paten berjudul ‘Mouse having a shape-changing enclosure’, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini menyebut bahwa perubahan bentuk ini ditujukan untuk mengoptimasi unsur ergonomis bagi penggunanya. 

Jangan bayangkan mouse yang berubah bentuk menjadi sesuatu yang jauh berbeda. Pengertian berubah bentuk yang dimaksud Apple adalah punggung mouse tersebut. Dalam patennya, Apple menjelaskan mouse ini kemungkinan akan dibekali satu atau dua aktuator untuk mengubah kontur permukaan mouse tersebut. Aktuator ini jugalah yang akan memberikan respon getaran bagi penggunanya. 

Dilansir dari iMore (18/3), selain kebutuhan kecocokan dengan tangan pengguna, perubahan bentuk ini juga ditujukan bagi beberapa kebutuhan khusus penggunanya. Misalnya, permukaan mouse dapat dibuat menjadi datar jika penggunanya membutuhkan trackpad, atau kembali ke bentuk melengkung untuk kebutuhan menggunakan mouse secara tradisional. 

Paten yang dibuat Apple ini diprediksi akan menjadi mouse yang serba bisa dan dinamis. Kendati begitu, perlu dipahami bahwa tidak semua paten akan dibuat menjadi produk komersial. Dalam kasus ini, belum diketahui dengan pasti, apakah Apple akan membuatnya menjadi produk komersial atau hanya sebatas paten saja. 

 

Share
back to top