sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
Selasa, 05 Jan 2021 19:56 WIB

OPPO Reno5 hadirkan FDF Portrait Video System

Untuk menghadirkan pengalaman video terbaik, OPPO Reno5 dilengkapi dengan OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System.

OPPO Reno5 hadirkan FDF Portrait Video System
Source: 91Mobiles

Kemunculan teknologi 5G membawa lebih banyak peluang untuk menemukan konten yang lebih beragam. Format konten dan aplikasi video akan mendapatkan keuntungan besar dengan hadirnya teknologi 5G. Peningkatan kecepatan yang dibawa oleh 5G telah meningkatkan tren video pendek di seluruh dunia.

Tren ini akan terus berlanjut dengan adanya teknologi 5G yang membuat video lebih mudah untuk ditonton, diunduh, dan dibagikan melalui berbagai platform. Melalui format video, masyarakat bisa merekam konten dan membagikan beragam informasi menarik. Era 5G akan menjadi generasi konten bergerak dan pengalaman merekam video melalui smartphone akan menjadi faktor penting bagi konsumen di tahun-tahun mendatang.

Dalam menghadapi tuntutan baru era 5G dan sejalan dengan komitmen seri Reno untuk memberikan pengalaman foto dan video yang superior maka OPPO telah mengembangkan sebuah sistem pencitraan yang lebih canggih dan lebih komprehensif. Sistem yang ada di seri terbaru OPPO Reno5 ini dinamai OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System. Berdasarkan perangkat keras pencitraan kelas atas, algoritma pemrosesan gambar inovatif, dan perangkat lunak yang berpusat pada pengguna, OPPO FDF Portrait Video System akan memenuhi beragam kebutuhan pembuatan video.

Untuk menghadirkan pengalaman video yang superior, pertama-tama kita harus memahami hal yang dicari oleh pengguna ponsel cerdas dalam hal kemampuan video. Riset konsumen OPPO telah menunjukkan bahwa kebutuhan utama konsumen adalah kemampuan smartphone untuk merekam video secara jelas di situasi dan kondisi apa pun, proses perekaman simple serta mudah dilakukan oleh pengguna awam.

Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun dalam teknologi pencitraan ponsel pintar, OPPO percaya bahwa cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen ini melalui integrasi sempurna antara perangkat keras dan perangkat lunak untuk pencitraan. Berdasarkan pendekatan ini, OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video System bekerja dengan perangkat keras pencitraan kelas atas dan perangkat lunak cerdas, ditambah dengan keahlian OPPO dalam mendeteksi berbagai skenario potret dan desain fitur potret pada perangkat ponsel cerdas. Hasilnya adalah pengalaman video potret kelas dunia bagi pengguna seri OPPO Reno5 baru. 

Sistem Video Potret OPPO FDF terdiri dari dua mesin, yakni Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret. Dari keduanya, peran Mesin Peningkatan Kualitas memastikan pengguna dapat menangkap gambar yang jelas dalam skenario apa pun, baik itu siang, malam, dalam cahaya latar yang kuat, saat bergerak atau saat berdiri diam. Sementara itu, Mesin Persepsi Potret bertanggung jawab untuk menetapkan kriteria yang ketat untuk fitur-fitur dalam video potret. Kriteria ini memastikan subjek potret dan latar belakang didefinisikan secara jelas dan alami, sekaligus memberikan dasar dari berbagai efek video potret pada seri OPPO Reno5 dapat diterapkan secara optimal.

- Mesin Peningkatan Kualitas: Hasil Video Sebening Kristal 

Mesin Peningkatan Kualitas adalah rangkaian algoritma yang memastikan pengguna dapat menangkap gambar video berkualitas dalam situasi apa pun. Baik pada lingkungan dengan cahaya redup, cahaya terang, atau gerakan cepat, mesin ini akan mengoptimalkan pengaturan untuk menghasilkan gambar terbaik. Mesin ini merupakan dasar dari berbagai fungsi pencitraan inti pada seri OPPO Reno5, di antaranya adalah AI Highlight Video yang menjadi terdepan di industri perekaman video.

- AI Highlight Video

AI Highlight Video merupakan teknologi generasi baru yang menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR. Dengan mendeteksi level cahaya dalam sebuah skenario, perangkat secara cerdas akan menerapkan algoritma guna menyesuaikan kecerahan, warna, dan kejernihan agar optimal pada video. Inilah pertama kalinya OPPO menyatukan Ultra Night Video dan Live HDR dalam satu fitur, yang tersedia pada kamera depan dan belakang seri OPPO Reno5. Sekarang, pengguna hanya perlu menekan satu tombol pada antarmuka kamera untuk mengaktifkan AI Highlight Video dan merekam video dengan jelas, cerah, dan tampak alami.

AI Highlight Video bekerja dengan mengintegrasikan tiga algoritma pengoptimalan otomatis:

1. Adaptive Brightness Adjustment menerapkan Eksposur Otomatis (AE) - Penguatan Adaptif untuk mengontrol waktu pencahayaan dan menjamin kecerahan gambar sambil menjaga video tetap mulus dari satu bingkai ke bingkai lainnya.

2. Adaptive Dynamic Range menerapkan penyesuaian rentang dinamis ke setiap bingkai dalam video dengan teknologi Dynamic Range Conversion dan Fimic Tone Mapping untuk mengembalikan warna yang hilang, kecerahan, dan kegelapan ke tingkat alaminya. Teknologi ini menggunakan Multi-frame HDR Fusion untuk memberikan rentang dinamis yang lebih besar pada keseluruhan video.

3. Adaptive Noise Reduction memperkenalkan inter-frame fusion untuk mengurangi noise temporal dan intra-frame fusion untuk mengurangi noise spasial, yang secara efektif dapat menghilangkan noise pada gambar tanpa menghilangkan detail.

Melalui pengujian performa AI Highlight Video, menunjukkan bahwa video malam hari 74,4% tampak lebih cerah dan 33,7% lebih jelas dibandingkan ketika fitur dinonaktifkan. AI Highlight Video pada seri OPPO Reno5 hanya membutuhkan waktu 20 milidetik untuk menyelesaikan rangkaian kalkulasi dan penyesuaian yang terbilang rumit, sehingga menghadirkan pengalaman pengguna yang mulus. Selain itu, fitur ini membutuhkan daya 40% lebih sedikit dibanding pendahulunya.

    Share
    ×
    tekid
    back to top