Oppo patenkan layar melengkung di keempat sisinya

Oppo ketahuan patenkan teknologi layar melengkung pada keempat sisinya. Nantinya sensor-sensor smartphone akan ditanamkan di bawah layar.

Oppo patenkan layar melengkung di keempat sisinya Source: Lets Go Digital

Teknologi smartphone saat ini sudah semakin berkembang. Berbagai desain dan keunggulan ditawarkan untuk memberikan pengalaman yang terbaik. Mulai dari kamera hingga konsep layar yang akan digunakan. 

Bicara soal layar, Oppo dilaporkan sedang mengembangkan teknologi layar baru. Ini merupakan pengembangan dari 3D waterfall yang pernah dipamerkan Oppo. Tidak tanggung-tanggung, teknologi layar baru dari Oppo ini akan menghadirkan layar yang melengkung pada keempat sisinya. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Oppo berencana buat prosesor mobile sendiri

Ini alasan Oppo Reno 2, andal merekam video

Begini rasanya main Call of Duty di Oppo Reno2 F pakai Dolby Atmos


Yang menarik adalah dimana Oppo meletakkan sensor-sensor smartphone tersebut. Sebagaimana diketahui, sensor sebuah smartphone biasanya ditempatkan di bagian atas. Setidaknya di sinilah bezel atas mengambil perannya. Bezel atas sebuah smartphone umumnya digunakan untuk meletakkan beberapa sensor pendukung, seperti ambient light, gyroscope dan berbagai sensor lainnya. 

Namun Oppo dikabarkan akan meletakkan sensor-sensor tersebut di bawah layar melengkung itu. Dilansir dari GSMArena (15/10), dalam paten Oppo, ditunjukkan bahwa sensor-sensor tersebut akan ditempatkan di bawah layar. Teknologi ini dapat bekerja pada panel Micro LED atau OLED. 

Sejalan dengan hal itu, Oppo juga sudah memperkenalkan teknologi kamera di bawah layar pada MWC di Shanghai. Hal ini semakin mempertegas bahwa Oppo siap meluncurkan smartphone tanpa bezel sama sekali. 

Konsep seperti ini sebenarnya bukan hal baru. Awal tahun ini, Xiaomi sudah pernah mematenkan desain yang mirip dengan yang diberikan Oppo. Desain layar yang dipatenkan Xiaomi pada Februari lalu ini juga hadir dengan layar yang melengkung pada keempat sisinya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: