sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
Kamis, 19 Nov 2020 07:43 WIB

OPPO Find X3 akan dukung 10-bit color dari kamera hingga layar

OPPO mengklaim bahwa Find X3 akan menjadi smartphone Android pertama yang mendukung teknologi 10-bit color sesungguhnya.

OPPO Find X3 akan dukung 10-bit color dari kamera hingga layar
Credit : Engadget

OPPO baru saja memperkenalkan smartphone konsep terbaru mereka yang bernama OPPO Find X 2021. Seperti diketahui, smartphone ini memiliki mekanisme layar yang unik, dimana dapat mengembang menggunakan panel oled yang dapat digulung.

Tapi, selain Find X 2021, ada satu smartphone lain yang menarik perhatian. Pada hari kedua Inno Day 2020, mereka memperkenalkan Find X3 yang akan datang akan mendukung full color gamut DCI-P3 dan kedalaman warna 10-bit.

Oppo menyebutnya sebagai "Full-path Color Management System" yang tampaknya merupakan sistem manajemen warna Android "paling pertama" yang menampilkan kinerja warna seperti itu secara konstan.

Memang, saat ini banyak ponsel dan monitor yang diiklankan kompatibel dengan 10-bit, tetapi beberapa di antaranya sebenarnya adalah "8 + 2-bit" alias "8-bit + FRC". Namun, di perangkat Find X3 ini sudah mendukung warna 10-bit sesungguhnya, dengan rasio JNCD (Just Noticeable Color Difference) yang lebih rendah sebesar 0,4.

Engadget (20/11) melaporkan, Full-path Color Management System ini akan mendukung pengambilan dan penyimpanan HEIF 10-bit yang sebenarnya. Kompatibilitas HEIF di Android bukanlah hal baru, tentu saja, tetapi ini membuka kemungkinan dukungan hingga 16-bit di masa mendatang.

OPPO juga mengumumkan fitur baru untuk memberikan manfaat bagi mereka yang menderita kekurangan penglihatan warna. Solusi Color Correction 2.0 dibangun di atas mode koreksi warna default Android dalam pengaturan aksesibilitas, dengan menawarkan tiga opsi warna.

Ketiga opsi tersebut termasuk deuteranomaly (merah-hijau), protanomaly (merah-hijau) dan tritanomaly (biru-kuning). Mereka bekerja sama dengan Universitas Zhejiang untuk melakukan studi skala besar terhadap lebih dari 6.000 sampel, dan sebagai gantinya menghasilkan 765 hasil koreksi.

Share
×
tekid
back to top