sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Jumat, 06 Mar 2020 20:00 WIB

Oppo Find X2 Pro punya kamera terbaik versi DXOMark

Dengan serangkaian kamera belakang tersebut, Oppo berhasil menjadikan Find X2 Pro bertengger di nomor satu peringkat performa kamera di pengujian yang dilakukan oleh DXOMark.

Oppo Find X2 Pro punya kamera terbaik versi DXOMark
Source: DXOMark

Oppo baru saja mengeluarkan jagoan baru mereka dengan ponsel Find X2 Pro. Seperti kebanyakan ponsel kelas flagship dari merek lain, salah satu fitur yang diandalkan dari Find X2 Pro adalah dari segi kemampuan kameranya. Perusahaan asal Tiongkok tersebut menjejalkan Find X2 Pro dengan konfigurasi tiga kamera belakang.

Ketiga konfigurasi itu terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP 1/1.4 inci bersensor Quad-Bayer dengan focal length setara 25,46 mm serta OIS, lensa ultra lebar 48 MP Quad-Bayer 16,5 mm, dan lensa telefoto 13 MP 128,77 mm berbasis OIS. Tidak ketiggalan pula sistem PDAF pada semua kamera agar menjanjikan performa fokus lebih cepat dan akurat.

Dengan serangkaian kamera belakang tersebut, Oppo berhasil menjadikan Find X2 Pro bertengger di nomor satu peringkat performa kamera di pengujian yang dilakukan oleh DXOMark. Ponsel dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 itu berhasil menorehkan skor 124 poin. Dengan demikian, posisi Xiaomi Mi 10 Pro yang tadinya memiliki juara 1 di DXOMark telah tergantikan. Sebenarnya, Mi 10 Pro juga mendapatkan nilai yang sama seperti Find X2 Pro, tetapi kemungkinan ada faktor lain yang menjadikan ponsel terbaru Oppo menduduki peringkat teratas.

Pada sub-pengujian Photo, performa Exposure yang diraih Find X2 Pro adalah 96 poin, sedangkan Mi Note 10 ‘hanya’ berhasil mengumpulkan nilai pada pengujian Exposure dengan 95 poin. Hal yang patut dibanggakan olah Find X2 Pro adalah performa Color dengan 91 poin, di mana Mi Note 10 Pro berada di bawahnya dengan nilai 88 poin.

Sistem autofocus (AF) yang dipegang oleh Find X2 Pro berbasis teknologi All Pixel Omni-directional PDAF, maka tidak heran jika performa AF ketika menentukan fokus dan keakurasiannya diberikan nilai 100 poin, ketimbang Mi Note 10 Pro dengan 98%. Dalam pengujian yang dilakukan oleh DXOMark, performa AF pada Find X2 Pro langsung dapat mengunci subjek ketika kamera diarahkan ke target, ini berlaku di hampir seluruh kondisi cahaya.

Pada pemotretan malam hari, Find X2 Pro berhasil memegang nilai 65 poin dibandingkan Mi Note 10 Pro dengan 60 poin. Memotret pada keadaan redup berujung kepada performa pengurangin Noise, yang mana Find X2 Pro mendapatkan skor 81, sedangkan Mi 10 Pro berhasil menoreh angka 79 poin.

Dengan demikian, dapat dikatakan Find X2 Pro memegang nilai sedikit lebih unggul dalam hal beberapa faktor utama penentu baik atau tidaknya sebuah foto. Kedua perangkat juga memiliki sub-skor Photo dan Video yang sama, masing-masing 134 dan 104 poin.

Sistem exposure kamera Oppo Find X2 Pro memberikan performa yang sangat baik di semua tingkat intensitas cahaya yang sangat rendah. Jangkauan dinamis (dynamic range) juga berperforma sangat baik. Dengan demikian, memungkinkan kamera untuk secara efisien menghadapi kontras tinggi namun tetap menampilkan detail yang baik pada area terang atau gelap dalam satu frame gambar.

Gangguan noise secara umum dapat dikontrol dengan baik oleh Find X2 Pro dan gangguan itu hampir tidak terlihat dalam kondisi luar ruangan yang cerah. Ketika memotret dalam ruangan, Find X2 Pro memiliki performa yang sangat baik dengan sangat minim gangguan noise jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 10 Pro dan Apple iPhone 11 Pro Max.

Share
×
tekid
back to top