Oppo dan Vivo segera susul Huawei luncurkan smartphone 5G

CCC sejauh ini telah memberikan izin pada delapan model smartphone 5G di Cina meliputi Huawei, Oppo, Vivo, OnePlus dan ZTE.

Oppo dan Vivo segera susul Huawei luncurkan smartphone 5G (Foto: T3)

Cina mulai mengeluarkan izin kepada beberapa vendor smartphone untuk menjual perangkat 5G di negaranya. Laporan QQ News menyebutkan Oppo telah menerima persetujuan dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi serta Pusat Sertifikasi Kualitas China (CCC).

Dengan sertifikasi itu, Oppo bisa meluncurkan dan menjual smartphone 5G di Cina. Dilansir Gizmochina (18/7), Oppo kabarnya akan meluncurkan Reno 5G di negara asalnya pada kuartal ke-3 tahun ini. Diperkirakan smartphone itu mendarat antara Juli hingga September mendatang.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Aturan pemblokiran ponsel BM via IMEI diteken pemerintah

TSMC: tahun depan produksi smartphone 5G akan semakin banyak

Motorola akan luncurkan smartphone lipat mereka 13 November mendatang


Oppo Reno 5G telah melakukan tes kecepatan internet dengan hasil yang baik. Kecepatan unduhnya mencapai 1,5 Gbps dan rata-rata 1,4 Gbps. Kecepatan tersebut 50 kali lebih tinggi dibanding kecapatan smartphone 4G.

Awal Mei lalu, Oppo meluncurkan Oppo Reno 5G di Zurich, Swiss. Kemudian Oppo memperluas penjualannya ke negara lain di seluruh dunia. CCC sejauh ini telah memberikan izin pada delapan model smartphone 5G di China. Empat diantaranya diproduksi Huawei, sementara lainnya merupakan ponsel dari Oppo, Vivo, OnePlus dan ZTE.

Sebelum Oppo mendapat sertifikasi itu, Huawei telah memperolehnya sehingga menjadi vendor pertama yang dapat sertifikasi 5G, tepatnya pada Juni lalu. Kemudian di 25 Juni Huawei mengumumkan perusahaannya telah menerima izin untuk Mate 20 X edisi 5G. Smartphone itu akan mulai dijual akhir bulan ini dan kemungkinan menyandang gelar smartphone 5G pertama di Cina.

Mate 20 X sendiri bukan satu-satunya ponsel 5G Huawei yang telah mendapat persetujuan. Kabarnya ada tiga smartphone vendor lainnya yang kemungkinan merupakan Vivo, OnePlus dan ZTE untuk OnePlus 7 Pro 5G dan Axon 10 Pro 5G. Bulan lalu Nubia dan Lenovo juga mengumumkan versi 5G dari Nubia X dan Z6 Pro.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: