sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 02 Jul 2021 12:36 WIB

OnePlus 6T bisa gunakan Windows 11

OnePlus 6T yang sudah dirilis sejak 2018 mengusung sistem operasi Android. Menariknya, beberapa pengembang dapat menginstal Windows 11 di smartphone tersebut.

OnePlus 6T bisa gunakan Windows 11
Source: YouTube

Windows 11 telah diumumkan oleh Microsoft minggu lalu. Meski sudah diumumkan, Windows 11 belum akan diluncurkan ke pengguna hingga akhir tahun ini. Namun, Microsoft telah merilis pratinjau untuk para Windows Insider. Sejak itu terjadi, terdapat informasi jika sistem operasi terbaru Microsoft dapat diterapkan pada perangkat yang tidak didesain untuknya. Dilansir XDA-Developers (2/7), perangkat yang dapat menggunakan Windows 11 adalah OnePlus 6T.

OnePlus 6T yang sudah dirilis sejak 2018 mengusung sistem operasi Android. Menariknya, beberapa pengembang dapat menginstal Windows 11 di smartphone tersebut. Penerapan ini dapat terjadi berkat rancang bangun ARM64 yang dirilis untuk Windows 11. Ini memungkinkan pengaplikasian Windows 11 pada perangkat dengan CPU yang berbasis ARM, seperti pada smartphone.

Orang-orang yang berhasil menerapkan Windows 11 pada OnePlus 6T adalah para pengembang yang ada di balik Renegade Project. Mereka telah membuat video yang menunjukkan jika Windows 11 dapat bekerja di layar smartphone. Dari awal, mereka menunjukkan proses flashing build pratinjau Windows 11 pada OnePlus 6T. Setelah itu, proses intalasi berjalan hingga akhirnya OnePlus 6T berhasil booting dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut.

Dalam video di YouTube dengan nama channel “edi194” itu, mereka juga menunjukkan bagaimana menjalankan Windows 11 di OnePlus 6T yang sebelumnya telah diubah ke Windows 10 terlebih dahulu. Telah dilaporkan bahwa terdapat beberapa fitur yang berfungsi, seperti layar sentuh, USB, dan GPU. Selain itu, terdapat juga fitur yang tidak berfungsi di OnePlus 6T saat menggunakan Windows 11, antara lain Bluetooth, Wi-Fi, dan audio speaker. Fitur yang hanya bisa berjalan sebagain itu bisa diterima, mengingat Windows 11 sebenarnya tidak dirancang untuk dapat diterapkan di smartphone.

Selain menjajal fitur yang berjalan di OnePlus 6T dengan Windows 11, tim pengembang juga telah mencoba menjalankan beberapa gim PC di smartphone, seperti Crysis, Counter-Strike Global Offensive, Mafia, Need For Speed: ​​Most Wanted, dan GTA IV. Mereka telah menyusun lembar kerja untuk menunjukkan daftar gim yang mereka coba. Selain itu, lembar kerja juga akan menunjukkan resolusi dan frame rate dari gim yang berhasil dijalankan.

OnePlus 6T bukan smartphone satu-satunya yang dapat menerapkan Windows 11. Selain OnePlus 6T, terdapat informasi kalau Windows 11 dapat diterapkan ke smartphone lain, seperti Xiaomi Mi 8 dan Lumia 950 XL.

Share
×
tekid
back to top