Nokia 6.1 Plus tak punya opsi hilangkan notch

Notch atau poni pada smartphone menjadi salah satu tren yang tengah menjamur diantara vendor smartphone

Nokia 6.1 Plus tak punya opsi hilangkan notch

Notch atau poni pada smartphone menjadi salah satu tren yang tengah menjamur di antara vendor smartphone. Bahkan dari berbagai vendor besar di Indonesia, hanya Samsung saja yang tak mengusung layar berponi.

HMD Global, perusahaan yang memiliki lisensi merek Nokia juga ikut meramaikan smartphone berponi di Indonesia. Terbaru, perusahaan asal Finlandia tersebut meluncurkan Nokia 6.1 Plus seharga Rp3.399.000.

Fitur notch terkadang memang menutupi tampilan, sehingga setiap vendor menyediakan opsi untuk membuatnya tersembunyi. Namun rupanya opsi itu tak lagi tersedia di Nokia 6.1 Plus. Pasalnya HMD Global secara tiba-tiba menghilangkan opsi tersebut. 

Bukan tanpa alasan. Rupanya Google lah dibalik keputusan hilangnya opsi untuk menyembunyikan notch di Nokia 6.1 Plus. Hal ini juga menjadi indikasi atas tak adanya opsi yang sama untuk Pixel 3 XL yang akan meluncur Oktober mendatang. 

Untuk diketahui, Nokia 6.1 Plus merupakan smartphone yang ditopang Android One, yang saat ini mengakomodir Android Oreo 8.1. Dengan begitu pengguna akan mendapatkan pengalaman Android 'murni' yang dirancang oleh Google. Android Oreo sendiri tak memiliki dukungan untuk notch, termasuk opsi untuk menyembunyikannya.

Untuk Android, opsi itu hadir di Android Pie yang dirilis belum lama ini. Hal itu juga akan dialami oleh smartphone Android One lainnya. Demikian dilansir Slashgear.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: