sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Senin, 29 Jun 2020 11:54 WIB

Microsoft siapkan fitur App Groups untuk Surface Duo

Fitur itu akan digunakan untuk mengelompokkan dua aplikasi yang sering digunakan agar dapat dibuka bersamaan pada masing-masing layar.

 Microsoft siapkan fitur App Groups untuk Surface Duo

Microsoft Surface Duo sudah diperkenalkan sejak beberapa bulan lalu. Perangkat ini hadir dengan dua layar. Panos Panay sendiri enggan menyebutnya sebagai sebuah smartphone. Kabarnya, Microsoft Surface Duo akan resmi meluncur pada akhir tahun ini. 

Sejumlah rumor terus bergulir mengenai perangkat ini. Rumor terbaru menyebutkan kalau Microsoft Surface Duo akan hadir dengan dukungan fitur app groups. Fitur ini memungkinka pengguna untuk mengelompokkan dua aplikasi tertentu yang  sering diakses. 

Cara kerjanya begini. Ketika dua aplikasi yang sudah dikelompokkan menjadi satu dapat dibuka hanya dengan satu pintasan saja di home screen, nantinya dengan mengakses pintasan tersebut, pengguna bisa langsung membuka dua aplikasi sekaligus. Masing-masing aplikasi akan ditampilkan pada masing-masing layar. Microsoft tampaknya ingin memaksimalkan dua layar di Surface Duo dengan memberikan dukungan fitur ini. 

Dilansir dari Gizchina (29/6), dukungan seperti itu sebenarnya bukan Microsoft yang pertama kali melakukannya. Sebelumnya, Samsung sudah memiliki fitur serupa dengan nama App Pairs di perangkat buatannya. Demikian juga dengan Sony. LG pun memiliki fitur serupa. Namun ada pembeda yang cukup jelas di antara perangkat-perangkat tersebut dengan Microsoft Surface Duo. 

Samsung, Sony dan LG memberikan dukungan itu dalam satu layar yang sama. Artinya, layar smartphone akan dibagi menjadi dua untuk mengakses kedua aplikasi yang dibuka. LG sendiri mengakali hal tersebut dengan memberikan cover dengan layar tambahan. Karena hal itulah, Microsoft menjadi vendor pertama yang menyematkan dukungan tersebut pada smartphone dengan layar ganda. 

Microsoft Surface Duo kabarnya akan hadir dengan dua layar berukuran 5,6 inci dengan menggunakan panel AMOLED. Di dalamnya tertanam chipset Snapdragon 855, bukan Snapdragon 865. Hal ini terjadi lantaran Microsoft sudah memfinalisasi desain Surface Duo sebelum Snapdragon 865 muncul. 
 

Share
×
tekid
back to top