Membongkar performa dan teknologi Snapdragon 855 di Reno 10x Zoom

Sebagai salah satu lini smartphone high-end Oppo terbaru, Reno 10x Zoom menghadirkan chipset Qualcomm Snapdragon 855 termutakhir. Ada segudang teknologi yang tertambat di dalamnya.

Membongkar performa dan teknologi Snapdragon 855 di Reno 10x Zoom

Oppo akan segera memperkenalkan seri ponsel pintar terbarunya, Reno 10x Zoom, di Indonesia. Selain dikenal sebagai perangkat berkamera foto jarak jauh, dengan kamera hybrid 10x Zoom, Reno juga ternyata memiliki performa mesin yang sangat baik.

Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 855 terbaru, Reno 10x Zoom ini mampu merekam video 4K HDR. Perangkat ini jadi seri smartphone premium high-end pertama di lini produk Reno. Dengan hadirnya Snapdragon 855 di dalam kap mesinnya, kemampuannya tentu meningkat 45% lebih baik dibandingkan dengan perangkat-perangkat yang menggunakan Snapdragon 845. Hasil AnTuTu Benchmark pada Reno 10x Zoom ini menorehkan hasil 353138. Skor yang sangat tinggi di kelasnya.


BACA JUGA

Kamera Honor 20 Pro toreh nilai 111 poin dari DxOMark

Smartphone entry-level serba bisa itu benaran ada

Rumor: Pixel 4 tidak akan punya tombol fisik dan notch


Selain itu, Snapdragon 855 merupakan platform mobile komersial pertama di dunia yang mendukung multi-gigabit 5G. Ini artinya, implementasi jaringan 5G dalam perangkat ini sudah siap. Namun memang, dengan chipset Snapdragon 855 di dalamnya, kemampuan kecerdasan buatan (AI) jadi salah satu yang terdepan di industri. Apalagi ketambahan immersive extended reality (XR) secara kolektif, yang membuatnya jadi produk smartphone revolusioner.

Main PUBG Mobile serasa enteng

Sebagai bagian dari Snapdragon 855, tentunya ada kartu pengolah grafis (GPU) Adreno 640 yang memberikan rendering grafis hingga 20% lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 845.

Oleh karena itu, Reno 10X Zoom sangat andal dalam mengolah grafis, audio, dan memberikan pengalaman bermain gim di atas rata-rata. Saat tim tek.id mencobanya sendiri. Memang tidak sampai seharian tim tek.id memainkan game PUBG Mobile di Reno 10x Zoom. Kendati begitu, pengalaman gaming-nya juga mengesankan kami.

Kami tidak menemukan sendatan saat memainkan PUBG Mobile di Reno 10x Zoom. Sangat mulus, dengan rendering grafik mumpuni. Pengaturan grafisnya pun kami atur sampai pengaturan tertinggi agar pengalaman bermain PUBG makin asik.

main pubg mobile di reno 10x zoom

Biasanya, pada smartphone dengan chipset berperforma rendah, ada gejala lag atau sendatan saat bermain game seberat PUBG Mobile seperti ini. Bahkan pada chipset berperforma rendah, kemungkin pemain bakal menemukan artefak atau proses rendering objek bangunan dan pepohonan yang tidak sempurna.

Begitu juga efisiensi daya. Rasa-rasanya smartphone ini tidak bekerja begitu keras ketika menjalankan PUBG Mobile di dalamnya. Biasanya, pada smartphone berperforma biasa saja, terjadi gejala penurunan performa. Ini akibat chipset bekerja pada kondisi tertinggi. Gejalanya terjadi temperatur meningkat dan memperlambat permainan. Namun di Reno 10x Zoom yang telah menggunakan Snapdragon 855, gejala ini tidak kami temukan.

Ready 5G

2019 ini pun jadi gerbang konektivitas 5G. Snapdragon 855. Oppo berbagi visi yang sama dengan Qualcomm Technologies sebagai pelopor teknologi 5G. Oppo dan Qualcomm telah mengumumkan 5G Landing Project pada perhelatan MWC, sebuah inisiatif untuk mendorong kolaborasi dengan mitra operator global, mempromosikan implementasi produk dan layanan 5G, serta memberdayakan pengguna baru dan menghubungkan industri baru.

Oppo akan bekerja sama dengan operator di Asia Tenggara untuk menghadirkan chipset modem Snapdragon X50 5G NR di masa depan. Tujuan kerja sama ini adalah untuk membangun smartphone dengan konektivitas yang lebih cepat, kualitas foto yang unggul, kinerja hemat daya yang lebih baik, dan desain yang lebih trendi untuk konsumen global.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: