sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
Senin, 02 Nov 2020 13:02 WIB

MediaTek siapkan dua chipset dengan Cortex-A78

MediaTek dilaporkan sedang mengembangkan dua chipset baru dengan Cortex-A78. Keduanya diklaim menawarkan performa lebih baik ketimbang chip terbaik MediaTek saat ini, yakni Dimensity 1000+.

MediaTek siapkan dua chipset dengan Cortex-A78

MediaTek kabarnya sedang mengembangkan dua chip baru saat ini. Keduanya akan hadir dengan kode MT6839 dan MT6891. Kedua chipset terbaru ini digadang-gadang akan menawarkan performa lebih baik dari Dimensity 1000+ saat ini. 

Sebagaimana diketahui, Dimensity 1000+ merupakan chipset paling bertenaga yang dimiliki MediaTek saat ini. Chip ini dikembangkan dengan fabrikasi 7nm dan arsitektur Cortex-A77. Namun, kedua chip terbaru yang sedang dikembangkan MediaTek ini menggunakan arsitektur terbaru dari ARM, yakni Cortex-A78. 

Dapat dimaklumi kalau keduanya menawarkan kinerja lebih baik dari yang ada saat ini. Masing-masing chip ini dikembangkan dengan fabrikasi 5nm dan 6nm, tentunya menggunakan Cortex-A78. Nama marketingnya sendiri masih belum diketahui, namun dapat dipastikan kalau keduanya akan masuk dalam jajaran chip DImensity. 

Dilansir dari Gizchina (2/11), seorang leaker asal Tiongkok, Digital Chat Station menyebut kalau MT6839 dan MT6891 akan hadir juga dengan dukungan koneksi 5G. Sampai saat ini, MediaTek menjadi salah satu pemain dalam penyebaran perangkat smartphone yang mendukung 5G, namun dengan harga yang lebih terjangkau. 

Sayangnya, informasi detail mengenai chipset ini masih belum diketahui. Yang pasti, pengembangan keduanya kabarnya dilakukan dengan lebih cepat ketimbang chip yang diluncurkan tahun lalu. Hal ini mengindikasikan kalau dua chip belum bernama itu akan dapat hadir lebih cepat ketimbang tahun-tahun sebelumnya. 

MediaTek kemungkinan besar akan meluncurkan chip ini sebelum tahun ini berakhir. Huawei digadang-gadang bakal menjadi konsumen potensial perusahaan ini. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa Huawei kini tidak bisa lagi memproduksi Kirin untuk smartphone buatannya. 
 

Share
×
tekid
back to top