sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 28 Jul 2020 13:16 WIB

Layar Asus ROG Phone 3 ternyata dukung 160Hz

Siapa sangka kalau Asus sebenarnya menyembunyikan dukungan refresh rate lebih tinggi untuk layar Asus ROG Phone 3, yakni 160Hz.

Layar Asus ROG Phone 3 ternyata dukung 160Hz

Asus ROG Phone 3 hadir sebagai smartphone gaming baru dari perusahaan asal Taiwan tersebut. Salah satu fitur pendukung gim yang diberikan adalah refresh rate 144Hz pada layar AMOLEDnya yang berukuran 6,59 inci itu. Namun, kabar terbaru menunjukkan kalau Asus sebenarnya menyematkan opsi refresh rate 160Hz.

Pada kenyataannya, refresh rate di layar Asus ROG Phone 3 tidak terbatas pada 144Hz saja. XDADevelopers (28/7) melaporkan bahwa sebenarnya ada refresh rate yang lebih tinggi untuk smartphone ini. Namun, hal tersebut disembunyikan dan bersifat eksperimental.

XDADevelopers menemukan Android Debug Bridge yang dapat menjalankan fungsi tersebut. Menariknya, pengguna pada umumnya juga dilaporkan bisa melakukan hal sama melalui ADB. XDA bahkan melaporkan kalau refresh rate itu benar-benar berada di 160Hz. Bahkan beberapa gim yang dimainkan bisa berjalan di 160fps dengan kondisi tertentu. 

Tentu saja, bukan tanpa alasan Asus masih memberikan status eksperimental untuk dukungan ini. Pasalnya Asus belum mengembangkan dukungan ini sepenuhnya. Sebelum mulai mengaktifkan 160Hz itu, pengguna diminta bersiap dengan adanya kendala performa, kalibrasi, konsumsi baterai bahkan masalah di tingkat hardware.

XDADevelopers bahkan memberikan tutorial untuk mengaktifkan 160Hz ini. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengatur ADB di ponsel. Hal ini biasanya dapat ditemukan di Developers Options. 

Setelah selesai, buka command prompt dan ketik perintah “adb shell setprop debug.vendor.asus.fps.eng 1”. Kemudian mulai ulang perangkat Asus ROG Phone 3 tersebut. Ketika sudah menyala kembali, pengguna akan bisa mengaktifkan 160Hz itu melalui menu Settings >> Display >> Refresh Rate.

Sebagaimana sudah disebut, sebelum memutuskan mengaktifkan refresh rate 160Hz ini, pengguna harus memahami risikonya. Kalau terjadi kesalahan, bisa-bisa layar Asus ROG Phone 3 itu mengalami masalah. Meski begitu, godaan untuk memainkan gim dengan 160fps di layar smartphone pastinya akan sangat menggoda. 
 

Share
×
tekid
back to top