CES 2019

Laptop Odyssey di CES 2019 jadi bukti Samsung fokus ke gaming

Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019, Samsung mengumumkan notebook baru bertajuk Odyssey.

Laptop Odyssey di CES 2019 jadi bukti Samsung fokus ke gaming (Foto: Samsung)

Samsung memang tak begitu unggul di ranah gaming. Baik di pasar smartphone maupun laptop, Samsung tak pernah mengkhususkan fokusnya pada gim. Namun kali ini, hal tersebut tampaknya akan berubah.

Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019, Samsung mengumumkan notebook baru bertajuk Odyssey. Dilansir The Verge (7/1), laptop seri ini memang cukup lama dihadirkan oleh Samsung. Namun perangkat barunya kali ini memiliki spesifikasi lebih gahar dibanding sebelumnya. Hal tersebut lantas mengindikasikan bahwa Samsung mulai serius dan mempertimbangkan pentingnya pasar perangkat gaming.


BACA JUGA

Harga Samsung Galaxy M10 Rp1,7 juta, dijual 27 Maret

Samsung Galaxy A40 bakal tampilkan layar Infinity-U

Begini bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A2 Core


Notebook Odyssey terbaru akan menyaingi laptop besutan vendor perangkat gim lainnya seperti Asus, Dell, bahkan Razer. Melalui notebook Odyssey baru, Samsung mengadopsi GPU Nvidia RTX 2080 yang baru saja rilis. Samsung juga menyematkan prosesor Intel i7 hexacore Gen 8. Belum jelas rincian prosesor yang melengkapi notebook dengan RAM 16GB tersebut.

Layarnya yang membentang 15,6 inci, memiliki resolusi 1080p dengan refresh rate 144Hz. Bezelnya tampak tipis sehingga tampilannya bisa lebih leluasa dinikmati pengguna dalam bermain gim.

Soal penyimpanan, notebook Odyssey mengusung SSD NVMe 256GB dan HDD 1TB. Namun perangkat itu bisa diganti oleh pengguna, kalau mereka membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan. Selain itu, notebook gaming Samsung ini juga dilengkapi port USB-C, tiga port USB-A dan jack HDMI.

Tak hanya spesifikasinya yang menggebrak pasar, Samsung pun mengemas notebook Odyssey dengan desain baru. Engselnya dirancang tepat di tengah perangkat, sehingga terlihat cukup aneh karena tak mengesankan laptop gaming profesional.

Samsung mengklaim, laptopnya itu memiliki sistem pendingin baru dengan lima heat pipe dan bilah yang lebih banyak untuk kipasnya. Sejumlah fitur software yang terkait dengan gim juga melengkapi laptop gaming itu, seperti Black Equalizer yang akan membantu pemain dalam memperhatikan musuh yang mungkin bersembunyi.

Notebook Odyssey akan tersedia di Amerika Serikat (AS) sekitar awal 2019. Sayangnya belum diketahui berapa banderol harga Odyssey beserta tanggal peluncuran resminya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: