sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
Kamis, 12 Nov 2020 19:48 WIB

Kualitas suara iPhone 12 berada di posisi 6 DXOMark

Skor kualitas suara yang diberikan DXOMark untuk iPhone 12 adalah 73 poin. Ini berarti ponsel buatan Apple itu memiliki posisi keenam dalam kualitas suara, tepat di atas Apple iPhone 11 Pro Max.

Kualitas suara iPhone 12 berada di posisi 6 DXOMark

Apple beberapa waktu lalu secara resmi telah mengumumkan iPhone terbaru mereka. Berbeda dengan seri iPhone 11 yang memiliki 3 varian (iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max), seri iPhone 12 meluncur dengan 4 model. Prosesor yang digunakan ponsel ini adalah A14 Bionic serta layar berbasis OLED.

Baru-baru ini DXOMark telah mengeluarkan skor untuk iPhone 12, tetapi bukan untuk kameranya, melainkan kualitas suara speakernya. Berbicara speaker, ponsel dari perusahaan asal Cupertino ini dilengkapi dua unit driver untuk efek stereo, dua mikrofon untuk meredam kebisingan lingkungan sekitar, dan dukungan teknologi Dolby Atmos yang menjanjikan suara surround berbasis objek. Tidak ketinggalan pula zoom audio saat merekam video.

Skor kualitas suara yang diberikan DXOMark untuk iPhone 12 adalah 73 poin. Ini berarti ponsel buatan Apple itu memiliki posisi keenam dalam kualitas suara, tepat di atas Apple iPhone 11 Pro Max dengan 73 poin dan di bawah iPhone XS Max dengan 74 poin.

Seperti pengujian kamera, nilai 73 tersebut adalah nilai rata-rata untuk pengujian Playback dan Recording. Kebetulan kedua pengujian itu sama-sama memiliki skor 73 poin.

Performa Playback memberikan warna nada yang baik karena terdengar dinamis pada setiap frekuensi di setiap tingkat volume. Tidak ketinggalan pula performa separasi stereo yang realistis. Posisi speaker yang unik membuatnya tidak tertutup tangan ketika bermain gim atau kegiatan serupa ketika dalam mode lansekap.

Tetapi sayangnya kualitas frekuensi rendah ketika memutar audio sesekali terjadi distorsi. Ini berujung kepada kualitas akurasi suara bass dan kualitas suara bass secara keseluruhan pada volume tinggi. Akurasi frekuensi tinggi memberikan kemampuan lokalisasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan iPhone generasi sebelumnya. Di sisi lain, keseimbangan antara channel kiri dan kanan terdengar dengan baik.

Mikrofon iPhone 12 memiliki performa yang cukup baik dalam merepresentasikan sumber suara. Video yang direkam dengan kamera utama menawarkan kemampuan lokalisasi yang baik untuk suara dan bidang suara yang luas. Video selfie juga memastikan tingkat kelebaran yang baik serta rendering jarak yang realistis.

Share
×
tekid
back to top