Kualitas baterai smartphone terus memburuk

Ternyata, perangkat yang dibuat pada 2017 memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan dengan smartphone yang dibuat pada 2018.

Kualitas baterai smartphone terus memburuk Ilustrasi Baterai (iFixit)

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini smartphone terus bertambah pintar. Mulai dari memiliki prosesor yang lebih kuat, memiliki fitur yang semakin memudahkan para penggunanya, dan kemampuan lainnya.

Sayang, semua itu tidak diimbangi oleh perkembangan baterai yang lebih baik. Bahkan, melalui sebuah tes yang dilakukan oleh seorang wartawan bernama Geoffrey A. Fowler, dia mendapatkan fakta dimana kualitas baterai di smartphone terus memburuk.


BACA JUGA

Sepeda hidrogen asal Perancis punya daya tempuh hingga 150 km

Penerbangan AS-London harus mendarat darurat gara-gara powerbank

Kapal pesiar ini mengandalkan tenaga baterai


Dalam pengujian yang dia lakukan, Fowler mengambil 13 perangkat yang merupakan campuran perangkat yang diluncurkan antara tahun 2017 hingga 2018. Dia pun menguji masa pakai baterai mereka.

Berdasarkan temuannya, tampaknya ada beberapa perangkat andalan 2018 yang benar-benar memiliki masa pakai baterai yang lebih pendek dibandingkan dengan versi 2017 mereka. Hal ini menunjukkan bahwa baterai smartphone memiliki kualitas yang semakin buruk, seperti dikutip dari laman Phone Arena (4/11).

Dia mencontohkan, iPhone Xs Max memiliki masa pakai baterai 10 jam dan 6 menit. Sedangkan iPhone 8 Plus yang diluncurkan pada 2017 memiliki masa pakai baterai 10 jam dan 10 menit.

Di sisi lain, saat dia menguji perangkat Pixel 3, masa pakai baterai perangkat itu hanya 8 jam dan 28 menit. Sedangkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang rilis di 2017 lalu, masing-masing bisa bertahan hingga 9 jam 57 menit dan 9 jam dan 26 menit.

Sedangkan IPhone XR menduduki puncak daftar tes pada 12 jam dan 25 menit, disusul oleh Samsung Galaxy Note 9 yang dapat bertahan selama 12 jam. Kedua hasil ini lebih baik 3 jam lebih lama daripada Galaxy S9 +.

Namun perlu diingat, pengujian yang dilakukan oleh Fowler hanya diukur dari penelusuran web harian. Sedangkan pengguna smartphone saat ini memiliki kebutuhan yang berbeda. Tapi, hal ini bisa menjadi patokan bahwa baterai smartphone saat ini lebih buruk dibandingkan dengan smartphone tahun lalu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: