Kini layar LCD bisa dukung pemindai sidik jari

Kini sebuah video dari smartphone Huawei terungkap ke publik dan menunjukkan kemampuan pemindai sidik ajri di layar LCD.

Kini layar LCD bisa dukung pemindai sidik jari (Foto: Twitter)

Teknologi pemindai sidik jari di layar tak lagi asing di perangkat smartphone. Banyak vendor yang telah mengadopsi teknologi itu demi menyuguhkan ponsel berlayar lega dan bezel super tipis. Namun demikian, teknologi ini hanya hadir pada smartphone berlayar Amoled yang notabene lebih mahal ketimbang layar LCD.

Kabar terbaru, layar LCD juga dilaporkan akan mendukung teknologi tersebut. Laporan ini muncul setahun yang lalu, namun hingga saat ini belum terbukti. Pada April dilaporkan layar LCD dengan pemindai sidik jari di layar sedang dikembangkan. Kini sebuah video dari smartphone Huawei terungkap ke publik dan berkaitan dengan teknologi tersebut.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Larangan AS ke Huawei berpotensi ditunda lagi

Huawei P30 Pro dan 5T dilarang dijual di Taiwan

Review smartwatch Huawei GT2


"Ini adalah teknologi sidik jari layar LCD berbasis pada solusi kamera inframerah, yang pada dasarnya mengabaikan jenis panel LCD dan membuka kunci dengan kecepatan 300 ms," demikian keterangan video itu.

Desain ponsel itu tak begitu jelas terlihat. Namun tampak bahwa ponsel tersebut tidak memiliki poni yang umum terdapat pada smartphone Cina atau poni ala Samsung. Yang tampak begitu jelas adalah adanya kamera pop-up yang muncul di tengah atas perangkat.

Sebagaimana terlihat pada video itu, kecepatan pembukaan kunci ponselnya 300 ms, atau sedikit lebih cepat dibanding OnePlus 6T dimana durasinya 0,34 detik. Belum diketahui apakah ini merupakan smartphone prototipe yang dirancang untuk tujuan pengujian teknologi sensor sidik jari pada layar LCD, atau memang ponsel baru Huawei yang akan segera diluncurkan. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: