sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
Rabu, 07 Apr 2021 11:31 WIB

Keunggulan Mi 11 dibanding smartphone flagship lain

Xiaomi Mi 11 merupakan smartphone flagship Xiaomi di 2021 yang pertama menggunakan prosesor Snapdragon 888.

Keunggulan Mi 11 dibanding smartphone flagship lain
Source: Tek.id

Di tengah-tengah persaingan smartphone di kuartal pertama tahun 2021, Xiaomi menggebrak pasar smartphone dengan merilis seri flagship, yakni Mi 11. Smartphone ini digadang-gadang sebagai smartphone pertama dalam segala hal, salah satunya prosesor. Mi 11 menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm yang diklaim paling cepat di dunia, yaitu Snapdragon 888.

Sejauh ini, belum ada smartphone yang meluncur di Indonesia yang ditenagai oleh chipset ini. Dengan demikian, Mi 11 merupakan smartphone satu-satunya yang didukung dengan manufaktur 5 nm yang menawarkan 5 keunggulan utama, yaitu 25% peningkatan performa CPU, 35% peningkatan GPU, peningkatan 3x performance per watt gen 6 Qualcomm AI Engine, dan 26 TOPS. Ini peningkatan yang lebih besar dibanding dengan smartphone flagship lain yang mengklaim peningkatan performa 20%.

Mi11 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4600 mAh. Pengisian daya cepat menjadi salah satu fitur andalannya. Mi 11 punya kemampuan fast charging 55 W, lebih cepat jika dibandingkan dengan smartphone flagship dari merek lain yang diluncurkan pada Januari lalu. Dengan harga yang jauh lebih murah, pengguna dapat mengisi daya dua kali lebih cepat dibanding smartphone lain di kelasnya.

Tidak tanggung-tanggung, perangkat ini juga dibekali charger berteknologi Galium Nitride (GaN). Teknologi ini bisa mengisi daya smartphone, konsol gim, dan laptop secara bersamaan.

Layar Xiaomi Mi 11

Sama dengan smartphone flagship lain, Mi 11 mengusung layar AMOLED. Bedanya, layar pada Mi 11 menerapkan teknologi E4, di mana menggunakan material generasi terbaru, sehingga dapat mencapai tingkat kecerahan hingga 1500 nits.

Xiaomi mengusung layar besar untuk smartphone kelas atas ini berukuran 6,81 inci. Pergerakan konten yang ada pada layar tampil lebih mulus berkat dukungan refresh rate 120Hz. Ditambah, layarnya menampilkan resolusi WQHD+ atau setara 3200 x 1440 piksel dengan ketajaman 515 ppi. Dengan segala kemampuan yang luar biasa ini, layar Mi 11 meraih penghargaan sebagai “Best Smartphone Display Award” dari DisplayMate dengan penilaian A+.

Tidak ketinggalan, dual speaker hasil kolaborasi dengan salah satu perusahaan audio terkenal, Harman Kardon memberikan suara dengan efek surround yang tersimulasi dengan baik. Belum lagi, desain speaker dibuat unik dan berbeda dengan smartphone pada umumnya. Ini berbentuk gelombang, mengisyaratkan bentuk gelombang suara.

Kamera Xiaomi Mi11

Bicara soal kamera, ini merupakan fitur paling penting yang harus diunggulkan setiap smartphone khususnya di kelas atas. Mi 11 mempunyai kamera belakang dengan resolusi utama 108 MP. Sementara dua kamera lainnya terdiri dari kamera ultra wide 13 MP dan telemakro 5 MP. Kemampuan merekam gambarnya juga tidak kalah keren.

Sebagai smartphone flagship, aspek videografi juga sangat penting untuk diperhatikan. Untuk itu, Xiaomi menambahkan fitur-fitur, seperti magic zoom, time freeze, parallel world, freeze frame, night time-lapse, dan slow shutter untuk memberikan kemampuan merekam gambar bak sutradara profesional. Berbeda dari smartphone lain, ponsel ini memiliki teknologi Mi 11 Voice Isolation yang membantu mengisolasi kebisingan di sekitar agar hasil audio lebih jernih untuk pengambilan video.

Sebagai pembanding, Xiaomi Mi 11 dibanderol lebih murah daripada S21 yang juga dijual sebagai perangkat flagship dari brand kompetitor. Mi 11 dihargai hanya RpRp9.999.000 (8GB + 256GB), sementara S21 dihargai lebih dari Rp12 juta hingga Rp20 jutaan. Dengan berbagai fitur unggulan di atas, Xiaomi menawarkan perangkat flagship yang bisa dinikmati berbagai kalangan.

Editor
Share
×
tekid
back to top