sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 16 Feb 2022 14:14 WIB

Ini kelebihan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 di smartphone generasi terbaru

Jajaran smartphone yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1, termasuk Galaxy S22 Series, akan mendapatkan kemampuan lebih terutama di bidang kamera dan AI.

Ini kelebihan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 di smartphone generasi terbaru

Samsung baru saja memperkenalkan jajaran smartphone flagship terbaru mereka, yakni Galaxy S22 Series 5G di Indonesia. Hal yang paling menarik dari peluncuran ini adalah akhirnya Samsung meluncurkan varian yang menggunakan SoC Qualcomm.

Untuk pertama kalinya setelah sekian lama, kita mendapatkan Galaxy S series dengan SoC tersebut. Dan seperti diketahui, Galaxy S22 Series menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan salah satu SoC paling bertenaga di pasaran saat ini.

Tapi, sebenarnya apa saja sih yang ditawarkan oleh Qualcomm di SoC terbaru mereka ini selain peningkatan performa? Ternyata, salah satu hal yang paling diperhatikan mereka adalah kemampuan fotografi.

“Snapdragon 8 Gen 1 baru ini menetapkan standar untuk perangkat seluler unggulan generasi berikutnya. Chipset ini memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan yang belum pernah ada sebelumnya di smartphone," ungkap Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute, and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc., Alex Katouzian.

Di Snapdragon 8 Gen 1 ini, mereka menggunakan image signal processor (ISP) 18-bit seluler pertama di industri. Mereka juga menggunakan teknologi Snapdragon Sight, dimana meningkatkan kemampuan fotografi melampaui level profesional. 

Smartphone yang menggunakan SoC ini, seperti Samsung Galaxy S22, juga akan mendapatkan perekaman video 8K dan dapat menghasilkan foto 200 MP untuk menghasilkan detail tertinggi.

Pengguna juga akan mendapatkan dukungan tangkapan lebih dari satu miliar warna HDR dengan kecepatan luar biasa hingga 3,2 gigapiksel per detik. Jadi selain memiliki hasil yang bagus, smartphone juga dapat menangkap dan memproses gambar secepat kilat.

ISP baru ini juga dirancang khusus untuk membuat fitur always-on kamera tanpa mengurangi daya baterai. Hal ini memungkinkan perangkat pengguna untuk secara otomatis mematikan layar saat Anda meletakkan ponsel atau jika mendeteksi seseorang di belakang bahu pengguna.

Hal lain yang di upgrade oleh Qualcomm adalah di bagian AI. Seperti diketahui, salah satu bidang yang sedang marak digunakan oleh perusahaan saat ini adalah pemrosesan menggunakan AI.

“Qualcomm menghadirkan pengalaman AI terbaik dengan memberikan peningkatan performa AI di Snapdragon 8 Gen 1 terbaru kami,” kata  Senior Manager, Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto dalam acara webinar yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Qualcomm menggunakan 7th Gen Qualcomm Artificial Intelligence (AI) Engine generasi terbaru dan terhebat dimana bertujuan untuk meningkatkan kemampuan untuk setiap kegemaran dan hiburan.

AI ini juga mendukung bokeh yang lebih dalam untuk foto, hadir dengan machine learning yang dapat membantu menganalisis ratusan dokumen secara instan, dan pengenalan suara pendeteksi suasana hati (mood) untuk memantau kesehatan pengguna.

Qualcomm juga mengatakan bahwa Snapdragon 8 Gen 1 hadir dengan modem Qualcomm Snapdragon X65 yang super cepat. Modem generasi keempat ini dibuat dengan kompatibilitas mmWave dan sub-6 GHz, serta menambahkan dukungan hingga kecepatan 10Gbps dan spesifikasi 3GPP Release 16 terbaru. Teknologi ini juga mendukung Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E untuk konektivitas yang sangat cepat.

Share
×
tekid
back to top